Terapkan PPKM Mikro, Anies: Warga Harus Ekstra Waspada

    Cindy - 15 Juni 2021 12:26 WIB
    Terapkan PPKM Mikro, Anies: Warga Harus Ekstra Waspada
    Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Istimewa



    Jakarta: Kasus covid-19 di Jakarta melonjak usai libur Lebaran 2021. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memutuskan untuk memperpanjang masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro hingga 28 Juni 2021. 

    Perpanjangan masa PPKM mikro itu diatur dalam Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 759 Tahun 2021 dan Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 39 Tahun 2021. Kebijakan itu diambil demi mencegah Ibu Kota masuk fase genting penularan covid-19. 

     



    "Lonjakan kasus aktif yang mengalami kenaikan signifikan dalam beberapa pekan terakhir, membuat seluruh pihak harus ekstra waspada mencegah Ibu Kota masuk ke fase genting pascalibur Hari Raya Idulfitri," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam keterangan tertulis, Selasa, 15 Juni 2021. 

    Baca juga: Covid-19 Melonjak Lagi, Percuma Jika Hanya Jakarta yang Lockdown

    Anies pun membuka opsi menarik rem darurat dalam penanganan covid-19. Menurut dia, Jakarta saat ini memerlukan perhatian ekstra. 

    "jika fase (genting) itu terjadi, maka kita harus ambil langkah drastis, seperti yang pernah dialami (saat) September dan Februari lalu,"ujar dia. 

    Anies meminta masyarakat ikut mencegah penyebaran covid-19 dengan disiplin protokol kesehatan (prokes). Seluruh kegiatan masyarakat harus dibatasi maksimal 50 persen dengan jam operasional hingga pukul 21.00 WIB.

    "Bila tetap buka, kami akan disiplinkan, akan kami berikan sanksi sesuai ketentuan. Enggak ada pengecualian," tegas mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu. 

    Baca juga: Kasus Covid-19 Melonjak, Anies Buka Opsi Tarik Rem Darurat

    Ia menilai kondisi sekarang harus membuat masyarakat semakin waspada dan menyadari bahaya covid-19 yang telah bermutasi. Publik diminta beraktivitas sehari-hari di dalam rumah. 
     
    "Semua masyakarat bila tidak harus berpergian, jangan tingggalkan rumah kecuali karena kebutuhan dasar dan mendesak," tutur dia.
     
    Kasus covid-19 di Ibu Kota melonjak tajam beberapa hari terakhir. Kasus aktif pada 6 Juni 2021 mencapai 11.500, sedangkan pada 13 Juni 2021 mencapai 17.400. Dalam sepekan, kasus aktif meningkat 50 persen.
     
    Positivity rate di Jakarta juga meningkat tajam. Pekan lalu positivity rate sebesar 9 persen, sedangkan pada 13 Juni 2021 sudah mencapai 17 persen.

    (UWA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id