Satpol PP Gencar Tutup Etalase Reklame Rokok di Minimarket

    Kautsar Widya Prabowo - 15 September 2021 12:52 WIB
    Satpol PP Gencar Tutup Etalase Reklame Rokok di Minimarket
    Ilustrasi Medcom.id.



    Jakarta: Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta gencar menutup etalase penjualan rokok di minimarket dan warung. Tindakan ini dilakukan sesuai dengan Seruan Gubernur (Sergub) Nomor 8 Tahun 2021 tentang pembinaan kawasan merokok.

    "Jualan rokok sih boleh, yang enggak bolehnya reklamenya, tayangan iklannya yang enggak boleh," ujar Kepala Satpol PP DKI Arifin saat dikonfirmasi, Selasa, 14 September 2021.

     



    Arifin menjelaskan Sergub tersebut sudah dikeluarkan sejak Juni 2021. Namun, penindakan baru dilakukan lantaran terdapat berbagai laporan yang diadukan masyarakat terkait pemasangan iklan rokok tersebut.

    Aturan tersebut, menurut Arifin tercantum dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 148 yang melarang menayangkan iklan atau reklame rokok atau zat adiktif, baik di dalam maupun luar ruangan.

    "Setelah kita cek ternyata memang benar ada pelanggaran-pelanggaran yang saya sebutkan tadi. Oleh karenanya maka kemudian kita melakukan penindakan, kita larang itu," katanya.

    Baca: Pemerintah Diminta Tingkatkan Implementasi Dibandingkan Revisi PP 109/2012

    Dia meminta masyarakat yang melihat masih adanya pemasangan iklan rokok di tempat umum segera melapor. Satpol PP segera menindak dengan mencopot atau menutupnya.

    "Minimarket-minimarket yang menayangkan iklan reklame rokok tidak diperbolehkan, apakah itu ditutup atau mungkin dihilangkan untuk tidak menayangkan iklan rokok di ruang indoor," kata dia.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id