Ombudsman: Penembakan di Kafe Bukti Penegakan PSBB DKI Lemah

    Antara - 27 Februari 2021 04:40 WIB
    Ombudsman: Penembakan di Kafe Bukti Penegakan PSBB DKI Lemah
    Polisi lalu lintas beserta Dishub mengawasi penerapan PSBB di kawasan Simpang UI, Jakarta Selatan, Sabtu, 11 April 2020. Foto: MI/Fransisco Carolio Hutama Gani



    Jakarta: Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jakarta Raya Teguh P Nugroho menilai penegakan aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) DKI Jakarta kurang tegas. Hal ini terlihat dari kasus penembakan oleh polisi di RM Cafe, Cengkareng, Jakarta Barat.

    "Terkait kafe yang masih beroperasi, ya masih menunjukkan lemahnya penegakan aturan PSBB oleh Pemprov DKI," kata Teguh saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat, 26 Februari 2021.






    Menurut dia, meski Jakarta juga menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), hal itu hanya bersifat koordinasi antardaerah. Aturan terkait pencegahan dan pengawasan covid-19 di Jakarta tetap merujuk pada PSBB.

    "Aturan pengawasan merujuk pada Peraturan Daerah Nomor 2 tahun 2020 dan turunannya," kata Teguh.

    Baca: Sanksi Berat Menanti Pelaku Usaha yang Kucing-kucingan dengan Aparat

    Dengan perda yang diterapkan Pemprov DKI, Satpol PP bisa melibatkan kepolisian, baik bhabinkamtibmas maupun perbantuan intelkam dari polsek terdekat untuk deteksi dan penegakan aturan. Aturan ini diharap dijalankan dengan baik.

    "Terkait penembakan di Cengkareng, kalau proses hukumnya, kita serahkan ke pihak kepolisian," kata dia.

    Aksi koboi Bripka CS di RM Cafe Cengkareng pada Kamis dini hari, 25 Februari 2021, menewaskan tiga orang. Salah satu korban prajurit TNI. Satpol PP Jakarta Barat lalu menutup permanen RM Cafe atas pelanggaran berulang dan protokol kesehatan selama PSBB.

    Kepala Satpol PP Jakarta Barat Tamo Sijabat membantah pihaknya meloloskan pengawasan protokol kesehatan kepada RM Cafe. Tamo menegaskan konsentrasi pengawasan Satpol PP Jakarta Barat terhadap kafe, restoran, dan hiburan malam dilakukan secara berpindah-pindah.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id