DKI Tambah RS Rujukan Antisipasi Lonjakan Kasus Aktif

    Cindy - 06 Oktober 2020 17:44 WIB
    DKI Tambah RS Rujukan Antisipasi Lonjakan Kasus Aktif
    Seorang dokter membetulkan posisi kacamata pelindung saat berada di salah satu ruang modular di Rumah Sakit Pertamina Jaya, Cempaka Putih, Jakarta, Senin, 6 April 2020. Foto: Antara/M Risyal Hidayat
    Jakarta: Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Widyastuti, mengatakan penambahan rumah sakit (RS) rujukan covid-19 demi mengantisipasi lonjakan kasus aktif. Hal ini didasari proyeksi kasus covid-19 di Ibu Kota.

    "Eskalasi kasus, jadi kita punya perhitungan, bukan sehari dua hari. Kita punya proyeksi kasus berdasarkan tren data yang ada," kata Widyastuti di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Selasa, 6 Oktober 2020.

    Menurut dia, dengan penambahan RS, bila kasus aktif melonjak dan membutuhkan penanganan, Jakarta sudah siap. Selain menyiapkan tempat tidur, pihaknya memastikan kualitas layanan terpenuhi.

    "Memastikan jangan sampai kalau membutuhkan kamar operasi itu terkendala," ucap dia.

    Dinkes DKI menjamin masalah kesehatan lainnya tidak terbengkalai. Seluruh penanggulangan covid-19 dan penanganan khusus juga dipersiapkan.

    "Contoh yang membutuhkan layanan maternal, misalnya ibu bersalin, itu juga tentu harus siap," jelas dia.

    Baca: Hotel Isolasi Ditargetkan Tampung 2 Ribu Pasien OTG

    Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyediakan 98 RS rujukan pasien virus korona. Di samping itu, rumah sakit umum daerah (RSUD) di DKI diminta menambah kapasitas perawatan pasien covid-19 hingga 50 persen.

    Total ada 81.043 orang yang menderita virus korona di DKI. Sebanyak 66.315 orang telah terbebas dari virus berbahaya itu, sedangkan 1.806 orang meninggal. Sebanyak 14.728 orang masih dirawat maupun isolasi mandiri, atau menjadi kasus aktif.

    (OGI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id