Pemprov DKI Cari Cara Subsidi TransJakarta

    Sri Yanti Nainggolan - 11 November 2020 22:35 WIB
    Pemprov DKI Cari Cara Subsidi TransJakarta
    (Ilustrasi) TransJakarta membatasi jumlah penumpang tiap bus selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jakarta. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
    Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memastikan bahwa masyarakat tetap bisa menikmati transportasi umum layak dan terjangkau meskipun anggaran untuk sektor tersebut dipangkas. Terutama memastikan subsidi angkutan TransJakarta.

    Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan bahwa Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI 2020 dipangkas karena pandemi covid-19. Akibatnya, subsidi untuk transportasi umum pun dikurangi untuk tahun depan.

    "Kita lagi mencarikan solusi yg terbaik untuk memastikan bahwa seluruh masyarakat Jakarta mendapatkan transportasi yang baik tadi," ujar Riza di Balai Kota DKI, Rabu, 11 November 2020.

    Baca: DKI Fokus Genjot Ekonomi Mikro pada 2021

    Pihak Pemprov DKI, TransJakarta, dan DPRD DKI saat ini sedang menyiapkan beberapa opsi. Contohnya, pengurangan rute atau pengurangan jumlah bus.

    "Itu kan baru pilihan-pilihan, belum diputuskan," tambah dia.

    Sebelumnya, Pemprov DKI memangkas subsidi transportasi sebesar 53,65 persen dalam APBD DKI 2020 untuk penanganan virus corona. Dana semula Rp87,95 triliun turun menjadi Rp47,18 triliun.

    Subsidi transportasi yang dipangkas adalah PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) dari Rp3,29 triliun menjadi Rp1,97 triliun dan PT Mass Rapid Transit (MRT) dari Rp825 miliar menjadi Rp412,5 miliar. Kemudian, anggaran PT Lintas Rel Terpadu (LRT) dipotong dari Rp439,62 menjadi Rp219,81 miliar.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id