comscore

73 Kegiatan dalam APBD DKI 2022 Dirasionalkan

Antara - 16 Januari 2022 01:41 WIB
73 Kegiatan dalam APBD DKI 2022 Dirasionalkan
Ilustrasi Gedung DPRD DKI Jakarta/MI/Panca Syurkani
Jakarta: Badan Anggaran (Banggar) DPRD DKI Jakarta bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) merasionalkan 73 Penjabaran Anggaran Sub Kegiatan (PASK) dalam APBD DKI 2022. Sebanyak 73 PASK itu terimbas evaluasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Sebagian dari 73 PASK tersebut diperlukan di tengah masyarakat, sehingga dalam rapat Banggar pada 13 Januari lalu, dibahas untuk dirasionalkan," kata Ketua Banggar DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi, dilansir dari Antara, Jakarta, Sabtu, 15 Januari 2022.

 



Menurut Prasetyo, dirinya meminta rasionalisasi belanja yang sudah ada di RKPD, mana yang mendesak dan tidak. "Jadi, dalam rapat Banggar kemarin, diminta persetujuan dari 73 PASK yang tidak diperkenankan, untuk dijelaskan kembali dan akan diputuskan dalam forum Banggar yang resmi ini," ujar Prasetyo.

Sementara itu, Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Marullah Matali, menjelaskan masih ada kesempatan PASK yang terevaluasi untuk dianggarkan kembali, tapi harus memenuhi kriteria keadaan darurat dan mendesak. Ini sesuai Pasal 69 Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

"Kriteria keadaan darurat seperti bencana alam, bencana sosial, kejadian luar biasa, pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan, serta kerusakan sarana dan prasarana yang mengganggu pelayanan publik," ucap Marullah.

Kategori keperluan mendesak di antaranya kebutuhan daerah dalam rangka pelayanan dasar masyarakat serta belanja daerah yang bersifat mengikat dan wajib. Kemudian, pengeluaran daerah yang berada di luar kendali pemerintah daerah dan tidak dapat diprediksi sebelumnya, serta amanat peraturan perundang-undangan.

"Terakhir, terkait pengeluaran daerah yang apabila ditunda akan menimbulkan kerugian besar bagi pemerintahan daerah atau masyarakat," kata Marullah.

Baca:  Wagub Ariza Sebut Kenaikan Gaji dan Tunjangan DPRD DKI Berpeluang Dipangkas

(NUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id