DKI Siagakan Satgas Penanganan Sampah 24 Jam

    Sri Yanti Nainggolan - 27 Februari 2020 16:10 WIB
    DKI Siagakan Satgas Penanganan Sampah 24 Jam
    Suasana sejumlah kendaraan melintasi banjir yang menggenangi kawasan Bundaran Bank Indonesia di Jakarta Pusat, Selasa, 25 Februari 2020/Antara/Winda Wahyu Fariansih
    Jakarta: Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menyiagakan satuan petugas (satgas) penanganan sampah selama 24 jam hingga Maret 2020. Cuaca ekstrem diprediksi terjadi hingga bulan depan. 

    "Dinas LH akan menyiagakan 4 ribu personel dari UPK Badan Air di lokasi rawan tumpukan sampah saat banjir kiriman," kata Kepala Dinas LH DKI Andono Warih di Jakarta, Kamis, 27 Februari 2020. 

    Andono menuturkan personel dan armada organik juga tetap melakukan pelayanan rutin. Mereka siap dimobilisasi untuk menangani sampah pascabanjir. 

    Sebanyak 44 mobil pickup angkut sampah, 50 truk sampah, lima ekskavator spider, enam ekskavator long arm, 20 ekskavator jenis biasa, dan satu eskavator liebherr disiagakan. Alat-alat ini bakal dioperasikan 23 petugas mobilisasi dan 12 petugas mekanik. 

    (Baca: 9 Meninggal Akibat Banjir Jakarta Raya)

    DKI Siagakan Satgas Penanganan Sampah 24 Jam
    Salah satu rangkaian KRL Commuterline melintas perlahan pada jalur rel yang terendam banjir. Foto: Antara/Aditya Pradana Putra

    "Jika diperlukan, armada pelayanan rutin dari daerah lain juga dapat dimobilisasi ke daerah terdampak. Target kita penanganan cepat sesuai arahan Gubernur (Anies Baswedan)," papar dia.

    Hujan deras yang turun sejak Senin malam, 24 Februari 2020 hingga Selasa siang, 25 Februari 2020 menyebabkan 200 RW di Jakarta terdampak banjir. Sekitar 12 ribu warga mengungsi. Hingga Rabu sore, 26 Februari 2020 banjir masih menggenangi 15 RW di DKI Jakarta.

    Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut beberapa wilayah di Indonesia akan diguyur hujan ekstrem. Masyarakat diimbau waspada sepekan ini.

    "Potensi cuaca ekstrem masih dapat terjadi hingga periode Maret mendatang," tulis BMKG. 

    (Baca: Pansus Banjir DKI Bekerja Pertengahan Maret)



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id