Aetra Siap Tingkatkan Layanan Air PAM ke Warga Jakarta

    Muhammad Al Hasan - 24 Maret 2018 05:11 WIB
    Aetra Siap Tingkatkan Layanan Air PAM ke Warga Jakarta
    Ilustrasi. Penjual air keliling mengisi air bersih kedalam drigen untuk disalurkan kepada langganannya di kawasan Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (11/4).Foto: MI/Ramdani
    Jakarta: Presiden Direktur PT Aetra Air Jakarta Muhammad Selim menanggapi keluhan Wakil Gubernur Jakarta Sandiaga Uno terkait penggunaan air tanah warga Jakarta yang sudah berlebihan. Sebagai mitra PAM Jaya, Aetra siap meningkatkan pelayanan dalam memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat Jakarta.

    “Kita perbaiki sistemnya, kita besarin pipanya, sehingga aliran air ke pelanggan menjadi kencang” Selim pada Medcom.id, Jumat, 23 Maret 2018.
    Selim menambahkan, sebagai bentuk peningkatan pelayanan, Aetra menerapkan sistem suplai air based on pressure. Selain itu dilakukan juga penambahan jumlah sambungan dan volume.

    Salah satu penghuni Rusun Marunda Iyan, 50, mengaku dirinya cukup puas dengan peningkatan pelayanan dari Aetra. Menurut pria asal Bandung itu, sebelumnya aliran air yang sampai ke tempatnya kecil, tapi sekarang tekanannya sudah cukup tinggi.

    “Bagus sih pak sekarang mah kencang. Airnya juga bening pak, baguslah. Tapi tolong dipertahanin, jangan sampai kecil lagi. Kan air mah perlu banget. Repot kalau kecil harus pakai nampung-nampung segala”, kata Iyan.

    Aetra mengklaim jumlah sambungan meningkat lebih dari 177, 442 pelanggan, volume air terjual meningkat lebih dari 75,2 juta m3, sementara tingkat kehilangan air (non revenue water) menurun 15, 28%. Untuk nilai investasi, Aetra sudah menggelontorkan anggaran sebesar Rp1,470 trilyun untuk kurun waktu Mei 2008 sampai dengan Februari 2018.

    Langkah lainnya untuk menambah jumlah pelanggan, Aetra meluncurkan program Bacan, Bayar Air Harga Cantik untuk penyambungan instalasi baru. Melalui program ini, biaya penyambungan instalasi baru dapat dicicil pelanggan selama 12 bulan, sebesar Rp102.000/bulan.

    Selama mencicil, pelanggan baru mendapat pasokan air gratis sebanyak 10 m3 per-bulan. Di tempat berbeda, Aetra juga telah memasang kran air siap minum di lima sekolah dasar dan dua masjid di Jakarta.

    Peningkatan pelayanan air bersih juga turut melibatkan peran serta masyarakat, contohnya menjaga lingkungan dan sumber daya air. Dalam konteks ini, Aetra mengadakan kegiatan peringatan Hari Air Dunia yang diperingati setiap 22 Maret, bersama warga Rusun Marunda Jakarta Utara.

    Layanan sosial juga tak lepas dari perhatian, selain melakukan penghijauan di sekitar rusun Aetra juga turut melakukan pemeriksaan kesehatan dan aksi donor darah.

    Selim menambahkan, tren peningkatan pelayanan Aetra cukup baik karena menunjukan peningkatan sejak 1998-2017. Buktinya saat ini jumlah penduduk Jakarta yang sudah terlayani Aetra mencapai 3 juta pelanggan lebih dan volume air terjual mencapai lebih dari 75,2 m3.

    Kelompok konsumennya pun sangat beragam. Mulai dari kelompok bisnis, tempat ibadah, rumah tangga, termasuk penghuni rusun.



    (DMR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id