Anies Batasi PKL di Area CFD

    Fachri Audhia Hafiez - 03 November 2019 14:05 WIB
    Anies Batasi PKL di Area CFD
    Petugas memegang spanduk larangan berjualan di beberapa area car free day, Jakarta Pusat, Minggu, 3 November 2019. MI/Barry Fathahilah.
    Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membatasi pedagang kaki lima (PKL) di area car free day (CFD). PKL hanya diperbolehkan berdagang di area yang telah ditentukan.

    Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan langkah ini untuk mengembalikan fungsi CFD seperti diadakan pertama kali pada 2001. CFD merupakan wadah berolahraga bagi masyarakat. 

    "Karena itu kita siapkan seluruh jalan raya, badan jalan, itu bebas dari kegiatan apa pun kecuali kegiatan berjalan kaki, berlari, dan berolahraga atau bersepeda," kata Anies saat meninjau lokasi zona pembatasan PKL di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Minggu, 3 November 2019.

    Anies berharap area CFD bebas dari sampah dan minuman. Ia berharap masyarakat nyaman berkegiatan di area CFD.

    "Tidak kalah penting, tidak ada sampah. Itu sepanjang jalan tidak ada sampah lagi," kata Anies.

    PKL dilarang berjualan di zona merah. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menjelaskan zona ini meliputi Jalan MH Thamrin dari persimpangan Sarinah hingga kawasan Dukuh Atas.

    "Kawasan yang badan jalan maupun trotoarnya tidak dibolehkan untuk kegiatan berdagang," ujar Anies.

    Informasi yang dihimpun Medcom.id, zona lain yang diterapkan dalam CFD di antaranya, zona kuning yang memperbolehkan PKL berjualan di atas trotoar. Zona ini dimulai dari Wisma BNI hingga Bundaran Senayan, serta Sarinah hingga Patung Arjuna Wijaya.

    PKL diizinkan berjualan hingga bahu jalan di zona hijau. Zona itu dimulai dari Jalan Karet Pasar Baru Timur III, Jalan Galunggung, Jalan Teluk Betung, Jalan Blora, Jalan Sumenep, Jalan Kebon Kacang, dan Jalan Sunda. PKL dibolehkan berdagang di Zona Kuning dan Hijau saat kegiatan CFD berlangsung pada pukul 06.00-11.00 WIB.




    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id