Sumur Resapan Mampu Kurangi Genangan Air Hingga 50%

    Sri Yanti Nainggolan - 04 Desember 2019 04:09 WIB
    Sumur Resapan Mampu Kurangi Genangan Air Hingga 50%
    Petugas Sudin Tata Air Jakarta Selatan tengah membuat sumur resapan di kawasan Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Foto: MI/Bary Fathahilah.
    Jakarta: Salah satu program Pemprov DKI untuk antisipasi banjir adalah drainase vertikal atau sumur resapan. Program ini diyakini dapat mengurangi genangan air hingga 50 persen.

    Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Juaini mengungkapkan sumur resapan sangat efektif, terutama dalam mempercepat penurunan genangan air. 

    "Bisa sampai 50 persen (penurunan jumlah genangan air). Karena air mencari tempat yang lowong karena rata, larinya ke situ (sumur resapan)," terang dia saat ditemui di Gedung DPRD DKI, Selasa, 3 Desember 2019. 

    Ia memperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk genangan air menghilang cukup 20-30 menit di area dengan sumur resapan. Perembesan lebih cepat terjadi karena mulut air semakin banyak sehingga air pun cepat masuk ke dalam penampungan tersebut. 
     
    Dinas SDA telah memasang 900 sumur resapan dari target 1.000 buah. Juaini optimis target akan tercapai hingga akhir tahun ini.

    Dari segi bentuk, sumur resapan memiliki kedalaman tiga meter dengan lebar satu meter. Drainase vertikal tersebut dipasang di separator dan bahu jalan yang tersebar merata di seluruh wilayah Jakarta. 

    "Di pinggir jalan (dipasang), tapi ada juga di rumah pompa milik pemprov. Kita buat di halaman rumah pompa hingga tiga titik," tambah dia. 

    Gubernur Anies Baswedan menargetkan pemasangan 1,8 juta drainase vertikal di Jakarta. Menurut dia, program tersebut efektif untuk mengantisipasi banjir. Ia meminta beberapa dinas untuk mewujudkan program tersebut, seperti Dinas SDA dan Dinas Perindustrian dan Energi. 



    (HUS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id