Pendatang Baru DKI Diimbau Melapor ke Kelurahan Setempat

    Nur Azizah - 26 Juni 2018 10:47 WIB
    Pendatang Baru DKI Diimbau Melapor ke Kelurahan Setempat
    Ilustrasi warga tiba di Terminal Pulogebang/ANT/Rivan Awal Lingga
    Jakarta: Pendatang baru di Ibu Kota Jakarta wajib melaporkan diri ke aparat kelurahan untuk diteruskan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) DKI. Mereka diberi waktu 14 hari setelah tiba di Jakarta.

    "Kita akan memberikan waktu pada pendatang. Berarti hitungannya mulai dari H+8 ditambah 14 hari. Itu waktu untuk lapor ke RT dan kelurahan," kata Kepala Disdukcapil DKI Jakarta Edison Sianturi saat dihubungi, Selasa, 26 Juni 2018.

    Edison menjelaskan pihaknya bakal menggelar operasi bina kependudukan (binduk) pada 8-10 Juli 2018. Operasi bakal dilaksanakan di wilayah industri, kampus, pusat perdagangan, hingga tempat hiburan.

    Operasi binduk pascalebaran akan dilakukan serentak, dua kali. Pendataan biasanya dilakukan dalam tiga tahapan, yaitu semester pertama, pascalebaran, dan akhir tahun.

    "Ini akan didata secara berkelanjutan. Nanti ditentukan wilayah-wilayahnya. Jadi (didata) sampai Desember itu berkelanjutan," ujar dia.

    Operasi binduk merupakan pendataan dan edukasi keterampilan pendatang baru. Kegiatan itu dilakukan secara terpadu dengan menggandeng Dinas Sosial DKI Jakarta, Satpol PP, serta jajaran pengurus RT dan RW di setiap wilayah.



    (OJE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id