Imbas Libur Panjang, 27 Klaster Covid-19 Keluarga Muncul di DKI

    Putri Anisa Yuliani - 17 November 2020 21:09 WIB
    Imbas Libur Panjang, 27 Klaster Covid-19 Keluarga Muncul di DKI
    Ilustrasi/Medcom.id
    Jakarta: Dinas Kesehatan DKI Jakarta mencatat kemunculan 27 klaster virus korona (covid-19) keluarga. Klaster baru itu akibat libur panjang pada akhir Oktober 2020.

    "Tim surveilans DKI @dinkesJKT, berhasil melakukan pelacakan kasus dengan baik dan ditemukan klaster RT dampak liburan cuti bersama," kata anggota Tim Ahli Penanggulangan Covid-19 DKI Jakarta, Pandu Riono, seperti dikutip dari Media Indonesia, Selasa, 17 November 2020.

    Menurut dia, peningkatan penularan dalam keluarga atau rumah-tangga sering diabaikan. Pandu menyebut 93 orang terpapar covid-19 dari 27 klaster itu. 

    Baca: Kapasitas Ruang Isolasi Meningkat Imbas Libur Panjang

    Klaster paling banyak yakni warga yang melakukan perjalanan liburan ke Jawa Barat di luar wilayah Bogor, Depok, dan Bekasi (Bodebek). Jumlahnya mencapai 13 klaster dengan 52 kasus.

    Sementara itu, ada lima klaster keluarga yang timbul akibat perjalanan liburan ke daerah Jawa Barat di dalam area Bodebek dengan total 15 kasus. Sebanyak lima klaster juga muncul dari warga yang liburan ke daerah Jawa Tengah dengan 16 kasus positif.

    Lalu, ada dua klaster yang muncul dari perjalanan libur panjang ke Lampung dengan enam kasus positif. Sisanya masing-masing satu klaster dengan masing-masing dua kasus positif untuk perjalanan liburan ke Aceh dan Banten.

    Dia memastikan klaster keluarga itu timbul karena libur panjang. Bukan kerumunan yang terjadi belakangan.

    "Kita bisa lihat dampaknya dua minggu lagi. Surveilans yang baik dan 3M diharapkan dapat menahan lonjakan angka hospitalisasi dan kematian," ungkapnya.

    Pandu meminta pemerintah pusat membatalkan kebijakan libur panjang Natal dan Tahun Baru. Harapannya, kasus covid-19 tidak mengalami lonjakan lagi.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id