Anggaran Rehabilitas Sekolah DKI Tak Sesuai Usulan

    Putri Anisa Yuliani - 29 November 2019 18:24 WIB
    Anggaran Rehabilitas Sekolah DKI Tak Sesuai Usulan
    Sekolah di Jakarta Timur rusak parah. Foto: MI/Arya Manggala.
    Jakarta: Anggaran pembangunan serta rehabilitasi sekolah di DKI Jakarta dalam Kebijakan Umum APBD dan Proritas Plafon Anggaran Sementara (KUAPPAS) 2020 tidak sesuai dana yang diusulkan. Awalnya, jumlah anggaran yang diajukan Rp3,7 triliun, realisasinya menjadi Rp2,3 triliun.

    Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Syaefuloh Hidayat mengatakan dana itu merupakan hasil penyesuaian dari dinamika pembahasan KUAPPAS 2020 dengan DPRD DKI.

    "Tidak ada pemangkasan anggaran, tapi penyesuaian dengan kemampuan keuangan daerah," kata Syaefuloh saat dihubungi, Jumat, 29 November 2019.

    Disdik DKI semula mengusulkan rehabilitasi total terhadap 86 gedung pada 2020. Namun, ada penyesuaian anggaran sehingga rehabilitasi 30 gedung sekolah ditunda.

    "Dari 86 lokasi menjadi 56 lokasi yang dilaksanakan. Dari awal baru usulan untuk dibahas. Kalau dipangkas itu seolah-olah sudah ditetapkan. Kemudian dipotong. Itu namanya dipangkas," terang dia.

    Syaefuloh menegaskan, total gedung sekolah yang akan direhab tetap melampaui target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022. "Untuk tahun 2020, jumlah lokasi rehab total sekolah sebanyak 56 lokasi. Itu tetap di atas target RPJMD sebanyak 48 lokasi sekolah," ujar dia.

    Menurut Syaefuloh, rehab total 30 bangunan sekolah yang ditunda akan dianggarkan kembali dalam APBD 2021.

    Pada awal Juli, Pemprov DKI mengajukan anggaran 2020 melalui dokumen KUAPPAS sebesar Rp95 triliun. Angka itu naik dari APBD 2019 sebesar Rp89 triliun.

    Namun, keterlambatan pencairan dana bagi hasil pemerintah pusat membuat Pemprov DKI menurunkan angkanya menjadi Rp89,9 triliun. Angka KUAPPAS 2020 akhirnya menurun dan disepakati Rp87,9 triliun karena efisiensi.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id