Negara Hadir untuk Ojek Online

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 30 Maret 2019 04:00 WIB
    Negara Hadir untuk Ojek Online
    Sejumlah driver ojek online yang tergabung dalam GARDA menggelar aksi satu tahun gerakan mereka memperjuangkan agar ojek online mempunyai payung hukum. Foto: Medcom.id/Syahrul Ramadhan
    Jakarta: Gabungan Aksi Roda Dua Indonesia (GARDA) menggelar aksi satu tahun gerakan mereka memperjuangkan agar ojek online mempunyai payung hukum. Presidium Nasional GARDA, Igun Wicaksono mengatakan, pasca aksi mereka satu tahun lalu, kini negara telah hadir untuk ojek online. 

    Hadirnya negara terang Igun, yakni dalam bentuk payung hukum berupa Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 tahun 2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor yang digunakan untuk kepentingan masyarakat.

    “Akhirnya pemerintah dan negara hadir di antara kami untuk melindungi kami,” Igun di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat, 29 Maret 2019.

    Di sisi lain, Igun mengaku masih belum puas soal penetapan tarif untuk ojek online. Pemerintah sebelumnya menetapkan tarif batas bawah ojek online untuk Jakarta dan sekitarnya adalah Rp2.000. 

    Sementara, GARDA sebelumnya meminta agar tarif batas bawah yakni Rp2.400. Artinya, kata dia, masih ada selisih harga Rp400 yang belum memuaskan para ojek online.

    Kendati begitu, menurut Igun, tarif yang ditetapkan pemerintah masih lebih baik dibanding pihak penyedia jasa aplikator. “Memang biaya jasa belum sesuai permintaan kami selisih Rp400 rupiah untuk zona Jabodetabek. Tapi, setidaknya tarifnya lebih baik dari aplikator,” ujar Igun.

    Baca: Regulasi Batas Atas Bawah Ojol Dinilai Tepat

    Igun berharap, kedepan payung hukum untuk ojek online lebih kuat lagi. Dengan adanya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) tentang lalu lintas angkutan jalan.

    “Perubahan mengenai roda dua sebagai angkutan umum,” pungkasnya.



    (DMR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id