Anies Sangkal Pernyataan Jokowi Soal Banjir

    Nur Azizah - 02 Januari 2020 18:11 WIB
    Anies Sangkal Pernyataan Jokowi Soal Banjir
    Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau banjir di kawasan Kampung Melayu, Jakarta Timur. Foto: Medcom.id/Zaenal Arifin.
    Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyangkal pernyataan Presiden Joko Widodo yang menyebut banjir di kawasan Jakarta dan sekitarnya karena perilaku manusia. Banyak warga yang masih membuang sampah sembarangan dan merusak lingkungan.

    Anies menyebut tak semua banjir akibat sampah. Dia mencontohkan banjir yang melanda Bandar Udara (Bandara) Halim Perdanakusuma, Jakarta.

    "Halim itu setahu saya enggak banyak sampah. Tapi bandaranya kemarin tidak bisa berfungsi. Apakah ada sampah di bandara? Rasanya tidak, tapi Bandara Halim kemarin tidak bisa digunakan," kata Anies di Kampung Pulo, Jakarta Barat, Kamis, 2 Januari 2019.

    Anies berkilah banjir disebabkan curah hujan berlebih. Anies pun merujuk data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) soal volume air.

    "Kalau kita lihat, titik-titik banjir dengan titik-titik ramalan BMKG itu hampir simetris. Di tempat yang BMKG datanya menunjukkan volume air hujan yang tinggi, di situ ada banjir yang ekstrem," imbuh Anies.

    Anies enggan berdebat panjang ihwal penyebab banjir. Dia mau fokus pada evakuasi warga.

    "Sesudah ini beres, kita duduk kumpulkan data yang lengkap lalu berbicara objektif, apa saja faktornya, di daerah mana, karena kontributornya itu bervariasi," kata dia.

    Menurut dia, setiap wilayah memiliki kontribusi berbeda terhadap banjir. Ada yang disebabkan curah hujan, serta ukuran saluran.

    "Jadi, ini bukan single variable, ini multiple variable. Nah, sekarang kita fokus pada penyelamatan warga kemudian Jakarta fokus pada rehabilitasi seluruh fasilitas umum," pungkas dia.





    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id