Membudayakan Protokol Kesehatan Efektif Cegah Covid-19

    Cindy - 02 Juni 2020 13:11 WIB
    Membudayakan Protokol Kesehatan Efektif Cegah Covid-19
    Pemerintah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan membatasi kegiatan tertentu penduduk dalam suatu wilayah yang diduga terinfeksi. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
    Jakarta: Anggota DPRD DKI Fraksi PDIP Johnny Simanjuntak mengatakan cara mencegah pandemi covid-19 ialah lewat membudayakan protokol kesehatan di tengah masyarakat. Pembatasan yang hanya berlaku untuk 62 RW zona merah di DKI Jakarta dinilai kurang relevan.

    "Pola penularan itu kan hampir di semua RW. Di tempat kerumunan seperti pasar, kantor, pabrik, juga potensial (terjadi penularan). Pemprov DKI sebenarnya harus perhatikan ke sana," ucap Johnny saat dihubungi, Selasa, 2 Juni 2020.

    Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebelumnya berencana menerapkan pembatasan sosial berskala lokal (PSBL) tingkat RT/RW. Pemprov DKI menggencarkan sosialisasi dan budaya protokol pencegahan covid-19.      

    "Seperti pakai masker, physical distancing, cuci tangan, dan menghindari kerumunan kalau tidak penting," ujar Johnny.

    Baca: Wagub DKI Klaim Publik Mulai Tertib Taati Protokol Kesehatan

    Sebaiknya, kata dia, Pemprov DKI intensif menyosialisasikan aturan era kenormalan baru (new normal) dengan memanfaatkan toa peringatakan banjir. Sosialisasi juga dapat dilakukan di rumah-rumah ibadah.

    Sekretaris Komisi E DPRD DKI itu juga meminta Pemprov DKI lebih ketat menjalankan aturan serta penegakan sanksi saat new normal. Dia mengkritik penegakan aturan selama dua bulan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jakarta tidak tegas.

    "Dia hanya membuat pernyataan sanksi denda sekian, enggak terlalu jalan. Baiknya, kita buat pendekatan yang lebih persuasif humanis. Kemudian penegakan aturan secara tegas juga, bila dilanggar perlu ditegakkan," tutur Jhonny.

    Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta berencana menerapkan pembatasan sosial berskala lokal (PSBL) di tingkat RT/RW. Lebih dari 60 RW yang dinyatakan zona merah penularan virus korona bakal dijaga ketat.

    Caranya dengan mewajibkan warga menggunakan surat keluar masuk di tingkat RT/RW. Serta memperketat penerapan protokol kesehatan di lingkungan tersebut.



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id