Sistem Ganjil Genap di Pasar Tetap Diberlakukan

    Sri Yanti Nainggolan - 23 Juni 2020 08:25 WIB
    Sistem Ganjil Genap di Pasar Tetap Diberlakukan
    Ilustrasi pedagang di pasar. Medcom.id/Christian
    Jakarta: Dinas Kesehatan DKI Jakarta memastikan sistem ganjil genap (gage) di pasar tetap diberlakukan meski menuai protes. Namun, penerapan sistem ini perlu kerja sama dan pengawasan agar efektif dalam mencegah penularan covid-19.

    "Artinya, dengan menetapkan gage, harapannya pembeli juga tidak berkerumun dalam satu tempat yang sangat berdesakan," ujar Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat,Senin, 22 Juni 2020.

    Dinas Kesehatan DKI melalui tim gugus tugas akan mengevaluasi pengawasan terhadap pembeli. Menurut dia, setiap aturan atau kesepakatan yang telah dibuat akan dievaluasi dengan dua cara. Pertama, pemantauan harian dengan melakukan pengawasan.

    Kedua, membuat data kajian minimal seminggu sekali. Menurut dia, laporan mingguan akan lebih komprehensif dalam melihat efektivitas suatu kebijakan.

    Baca: Anies: Pengendalian Covid-19 di Pasar Kompleks

    Sebelumnya, sistem ganjil genap kios di pasar dinilai tak efektif menekan penyebaran covid-19. Pemerintah daerah diminta menerapkan opsi lain.

    "Yaitu melakukan upaya maksimal sosialisasi edukasi penerapan protokol kesehatan yang baik," kata Ketua Sigap Covid-19 Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (DPP IKAPPI) Dimas Hermadiyansyah saat dikonfirmasi, Sabtu, 20 Juni 2020.

    Menurut dia, pemda dan pengelola pasar harus menyiapkan sarana pendukung sosialisasi dan edukasi. Seperti menyediakan tempat cuci tangan, hand sanitizer, pembagian masker, face shield, dan menyediakan penyekat plastik antara penjual dan pembeli.

    Pemda dan pengelola juga diminta mengatur sirkulasi pembeli serta penyemprotan disinfektan saat pasar berhenti beroperasi. Dimas menyangsikan kebijakan ganjil genap. Sebab kebijakan itu diberlakukan tanpa melihat kondisi pasar.

    Pemda juga seharusnya memempelajari kondisi pasar dan pedagang dengan mengajak perwakilan kelompok pasar berdialog. Baru kemudian dicari solusi yang tepat untuk menangani penyebaran covid-19 di pasar.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id