Warga Keluhkan Harga Masker di Pasar Pramuka

    Zaenal Arifin - 24 Maret 2020 16:46 WIB
    Warga Keluhkan Harga Masker di Pasar Pramuka
    Warga membeli masker di Pasar Pramuka/Antara/Aprilio Akbar.
    Jakarta: Polres Metro Jakarta Timur merazia pedagang alat kesehatan (alkes) di Pasar Pramuka, Jakarta Timur. Razia dilakukan karena warga mengeluhkan tingginya harga masker.

    "Banyak komplain harga yang cukup tinggi. Mereka (pedagang) menjual di atas harga yang telah ditentukan oleh asosiasi pedagang, yakni Rp400 ribu per boks," kata Kapolrestro Jaktim Kombes Arie Ardian Rishadi di Pasar Pramuka, Selasa, 24 Maret 2020.

    Baca: Pedagang Masker Rp400 Ribu per Boks Ditangkap

    Kesepakatan antar pedagang, masker tak boleh dijual lebih dari Rp200 ribu per boks. Selain masker, polisi juga menertibkan penjualan alkes lain. Seperti, alat kesehatan yang tetap dijual bebas meski membutuhkan izin.

    "Mudah-mudahan ke depannya pedagang ini akan lebih tertib, tidak lagi menjual barang dengan harga melebihi batas yang sudah disepakati," kata Arie.

    Dalam kesempatan itu, Arie juga mengimbau warga mengurangi aktivitas di luar rumah. Terutama menghindari lokasi kerumunan massa.

    Warga diminta menjaga jarak saat berbelanja di Pasar Pramuka. Anjuran itu sesuai amanat pemerintah mencegah penularan virus korona atau covid-19.

    "Pasar Pramuka ini memang terbesar, banyak dikunjungi. Kita menyosialisasikan agar mereka tidak berkumpul dan berbelanja dengan aman," kata Arie.

    Alat kesehatan berupa masker, saat ini menjadi barang buruan masyarakat. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sempat melakukan operasi pasar dengan menjual masker seharga Rp125 ribu per boks pada 6 Maret 2020.
     
    "Dengan cara seperti itu, maka kita bisa mendorong harga untuk mudah-mudahan bisa turun," ujar Gubernur DKI Jakarta, Anies di Pasar Pramuka, Jakarta, Jumat, 6 Maret 2020.

    Ia menjelaskan operasi pasar umumnya untuk kebutuhan pokok bahan pangan. Namun, kini masker menjadi kebutuhan penting. Menurut Anies, harga tersebut termasuk murah dibandingkan dengan tempat lain.



    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id