Sejumlah Sektor Pelayanan di Jaksel Masih Rawan Pungli

    Aria Triyudha - 17 Juni 2021 00:32 WIB
    Sejumlah Sektor Pelayanan di Jaksel Masih Rawan Pungli
    Ilustrasi uang pungutan liar. Medcom.id/M Rizal



    Jakarta: Sejumlah sektor pelayanan di Jakarta Selatan (Jaksel) masih rawan pungutan liar (pungli). Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Jaksel Isnawa Adji membeberkan hal ini saat sosialisasi pemberantasan pungli di Kantor Wali Kota Jaksel, pada Rabu, 16 Juni 2021.

    "Sektor publik yang rawan pungli di antaranya sektor perizinan. Contohnya adalah pembuatan Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Keterangan Rencana Kota (KRK), reklame, usaha mikro kecil menengah, pelayanan angkutan umum, dan pembuatan KIR," kata Isnawa dalam keterangan tertulis, Rabu, 16 Juni 2021.

     



    Sektor lain yang tak kalah rawan ialah pendidikan, penerimaan pajak dan retribusi daerah, hibah dan bantuan sosial, kepegawaian, serta pengadaan jasa. Dia menyebut sosialisasi tak boleh terhenti agar misi Jakarta bebas pungli dapat terealisasi.

    Kegiatan sosialisasi yang digelar Pemerintah Kota Administrasi (Pemkot) Jakarta Selatan ini diikuti seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Camat dan lurah di wilayah Jaksel  mengikuti kegiatan ini secara virtual.

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi atensi khusus pada fenomena pungli dan premanisme. Belasan sopir kontainer di Dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT) dan Terminal Peti Kemas Koja mengeluh ihwal premanisme dan pungli ke Jokowi.

    Baca: Polri Tangkap 3.823 Orang Terkait Premanisme dan Pungli

    Keluhan mereka sampaikan saat Jokowi hendak menyaksikan vaksinasi di Pelabuhan Tanjung Priok. Salah seorang sopir, Agung Kurniawan, mengaku rekan seprofesinya kerap menjadi sasaran tindak premanisme. Tak jarang, mereka diancam dengan senjata tajam.

    "Begitu keadaan macet, itu di depannya ada yang dinaiki mobilnya, naik ke atas mobil bawa celurit atau nodong begitu, itu enggak ada yang berani menolong, Pak " ujar Agung kepada Jokowi, Jakarta, Kamis, 10 Juni 2021.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id