Polisi Selisik Kelompok Sunda Empire

    Siti Yona Hukmana - 27 Januari 2020 16:08 WIB
    Polisi Selisik Kelompok Sunda Empire
    Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus. Medcom.id/Siti Yona Hukmana
    Jakarta: Polda Metro Jaya mengusut gerak-gerik kelompok Sunda Empire. Kelompok ini dilaporkan pakar telematika Roy Suryo atas ruduhan menyebarkan berita bohong.

    "Terkait pelapor atas nama Roy Suryo itu sudah masuk. Hari ini sudah ditangan Pak Dir Krimsus (Kombes Iwan Kurniawa), rencana sudah dilimpahkan ke salah satu unit Subdit di Krimsus," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin, 27 Januari 2020.

    Penyidik saat ini masih mempelajari laporan tersebut. Termasuk menelaah pihak-pihak yang akan dimintai keterangan terkait laporan tersebut.

    "Tim penyidik coba menyusun kira-kira siapa nanti yang akan (diperiksa). Jadi sementara masih dipelajari lah untuk bisa menyusun siapa kira-kira yang akan dipanggil nanti," kata Yusri.

    Roy melaporkan kelompok Sunda Empire ke Polda Metro Jaya, Jumat, 24 Januari 2020. Sunda Empire dilaporkan karena diduga merubah informasi sejarah dalam laman Wikipedia.

    Perubahan sejarah itu ada pada pengertian berdirinya persatuan bangsa-bangsa (PBB) dan NATO di Wikipedia. Kelompok Sunda Empire merubah tempat berdirinya PBB dan NATO, yakni di Bandung dengan akun anonim.

    Ada tiga terlapor dalam kasus ini. Petinggi Sunda Empire Rangga Sasana, pelaku pengubahan dalam situs Wikipedia yang mengatasnamakan Sunda Empire, dan kelompok Sunda Empire. Laporan Roy tertuang pada LP/530/I/YAN.2.5./2020/SPKT/PMJ.

    Rangga Sasana dilaporkan atas ucapannya dalam acara talk show di salah satu stasiun televisi beberapa waktu lalu. Sedangkan dua terlapor lainnya dilaporkan atas perubahan sejarah di Wikipedia.

    Ketiganya dilaporkan melanggar Pasal 27 ayat 3 junto Pasal 45 ayat 3, Pasal 31 junto Pasal 48 dan atau Pasal 35 junto Pasal 51 ayat 1 UU RI nomor 19/2016 tentang ITE dan Pasal 14, 15 dan Pasal 311 KUHP.



    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id