Warga Tak Suka Makam Keluarganya Ditumpuk

    Marcheilla Ariesta - 27 Juli 2019 16:35 WIB
    Warga Tak Suka Makam Keluarganya Ditumpuk
    TPU Kebon Pala, Jakarta Timur. (Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta)
    Jakarta: Tanah untuk pemakaman di Jakarta dinilai semakin sempit. Imbasnya, banyak makam yang ditumpuk, salah satunya di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kebon Pala, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur. 

    Salah seorang warga, Nana Setiana, menyebut, penumpukan makam kerap memancing keributan. Tak jarang banyak dari mereka marah lantaran makam keluarganya 'ditumpangi' orang lain.

    "Banyak orang yang marah karena tidak menemukan kuburan keluarganya, ternyata sudah ditumpuk dengan orang lain," kata Nana kepada Medcom.id, Sabtu, 27 Juli 2019.

    Dia mengatakan makam yang ditumpuk bukan hanya yang memiliki hubungan keluarga saja, tapi juga dengan orang lain yang tidak dikenal. Ini terjadi jika keluarga tidak membayar pajak tiga tahunan yang sudah ditetapkan.

    Nana mengaku mengalaminya. Makam sang paman saat ini 'diduduki' orang di luar kerabat, "Saya sih hanya kasihan kepada keluarga," ungkapnya.

    Baca juga: Hampir Semua Makam di TPU Kebon Pala Ditumpuk

    Menurut dia, seharusnya pemerintah menambah luas tanah pemakaman bukan hanya membangun pusat ekonomi. "Mal semakin banyak, tapi tanah kuburan makin sempit," pungkasnya.

    Saat Medcom.id mencoba mengonfirmasi pernyataan Nana, pengelola TPU Kebon Pala menolak diwawancara. Salah seorang petugas yang enggan disebutkan namanya meminta Medcom.id kembali lagi Senin pekan depan untuk berbincang dengan pihak yang lebih berwenang.

    Data Dinas Kehutanan DKI Jakarta terungkap bahwa makam tumpang semakin meningkat dua tahun terakhir. Rinciannya adalah TPU Kawi-Kawi, TPU Pasar Baru Barat, dan TPU Karet Bivak untuk wilayah Jakarta Pusat. Kemudian di Jakarta Timur ada enam titik yakni TPU Utan Kayu, TPU Penggilingan, TPU Pondok Kelapa, TPU Kebon Pala, TPU Kampung Penggilingan, dan TPU Malaka/Tanah Merah.

    Dan ada tujuh titik di Jakarta Barat yakni TPU Malaka/Grogol Kemanggisan, TPU Joglo, TPU Utan Jati, TPU Semanan, TPU Basmol, TPU Sukabumi Selatan, dan TPU Rawakopi.




    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id