Buntut Konser Musik di Cibis Park, Penyelenggara Didenda Rp 50 Juta

    Aria Triyudha - 07 Mei 2021 01:07 WIB
    Buntut Konser Musik di Cibis Park, Penyelenggara Didenda Rp 50 Juta
    Polisi memasang police line di Cibis Park/Medcom.id/Aria.



    Jakarta: Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) Jakarta Selatan menjatuhkan sanksi denda terkait penyelenggaraan konser musik di Cibis Park, Jalan TB Simatupang, Cilandak Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Penyelenggara dan manajemen wajib membayar denda tersebut.

    "Denda administrasi, kami kenakan kepada penyelenggara dan juga manajemen sesuai Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2021 tentang penanggulangan virus korona, sebesar Rp 50 juta," kata Kepala Satpol PP Jakarta Selatan Ujang Harmawan kepada wartawan, Kamis, 6 Mei 2021.

     



    Baca: Polisi Usut Konser Musik di Cibis Park Cilandak

    Petugas Satpol PP Jakarta Selatan sudah meninjau langsung lokasi penyelenggaraan konser.    Ia memastikan ada kegiatan bazar ramadan yang digelar penyelenggara maupun dari manajemen Cibis Park sejak 12 April hingga 9 Mei 2021.

    Acara itu dibarengi penyelenggaraan konser yang melanggar protokol kesehatan dan menimbulkan kerumunan tanpa menjaga jarak di tengah pandemi covid-19 pada Sabtu malam, 1 Mei 2021 itu tidak memiliki izin.

    "Diluar dugaan kami, konser musik ini tidak ada izinnya," ujar Ujang.

    Ujang menyebut, pihaknya sudah menyegel lokasi bazar dan konser musik. Selain itu, garis polisi juga terpasang di lokasi. Kepolisian juga masih menyelidiki konser musik itu.

    Kapolres Jakarta Selatan Kombes Pol Azis Andriansyah mengatakan izin yang dikeluarkan semula adalah kegiatan bazar. Namun, salah satu tenant atau penyewa berinisiatif menggelar konser musik lantaran bazar sepi pengunjung.

    "Maka tanggal 1 Mei 2021 sekitar selesai berbuka puasa dilakukan kegiatan musik, nah akhirnya viral (di media sosial)," kata Azis.

    Dia menyebut petugas sudah sempat menghentikan konser ketika acara berjalan. Koordinasi juga sudah dilakukan dengan Satuan Polisi Pamong Praja untuk memberikan tindakan sesuai protokol kesehatan.

    Pihaknya tengah memeriksa saksi-saksi terkait penyelenggaran konser musik itu. Gelar perkara akan dilakukan setelah pemeriksaan saksi tuntas untuk menentukan pihak yang harus bertanggung jawab secara hukum.

    "Kami tidak main-main terhadap pelanggaran yang demikian sehingga jika memang ada pidananya, akan kami sidik pidananya," kata Azis.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id