Anies Sebut Sejumlah Pengungsi Banjir Terpapar Covid-19

    Cindy - 21 Februari 2021 16:08 WIB
    Anies Sebut Sejumlah Pengungsi Banjir Terpapar Covid-19
    Ilustrasi korban jiwa banjir Jakarta. Medcom.id
    Jakarta: Banjir yang terjadi di sejumlah wilayah Ibu Kota sejak kemarin, Sabtu, 20 Februari 2021, membuat warga yang terdampak harus mengungsi. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan sejumlah pengungsi terdeteksi terpapar covid-19.

    "Ada di beberapa lokasi yang memang ditemukan warga ketika dites antigen, hasilnya positif," kata Anies di Pintu Air Manggarai, Jakarta Pusat, Minggu, 21 Februari 2021.

    Anies mengatakan warga yang dinyatakan positif covid-19 langsung dibawa ke tenda isolasi khusus. Ini guna meminimalisasi penularan virus ke warga lainnya.

    "Setelah ditempatkan di tenda isolasi, kemudian dilakukan pengetesan lebih jauh terhadap warga yang positif," ungkap mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

    Baca: Banjir Jakarta 20 Februari 2021 Makan 5 Korban Jiwa

    Warga yang dinyatakan positif covid-19 lewat tes swab polymerase chain reaction (PCR) akan dibawa untuk pelayanan sesuai kebutuhan. Baik isolasi terkendali maupun perawatan di rumah sakit.

    Selain itu, Anies memastikan pelaksanaan protokol kesehatan di tenda-tenda pengungsian banjir tetap berjalan. Satu keluarga dengan keluarga lainnya tetap diberi jarak.

    "Misalnya di GOR Otista, di sana disiapkan tempat untuk keluarga-keluarga mengungsi tapi juga ada jarak. Jadi prokes dijaga," kata dia.

    Sebelumnya, BPBD DKI Jakarta melaporkan banjir yang menggenang di sejumlah wilayah di Ibu Kota sejak kemarin, 20 Februari 2021, mulai surut. Tersisa puluhan rukun tetangga (RT) masih tergenang banjir dengan ketinggian air 40-100 sentimeter.
     
    "Secara keseluruhan ada 49 RT yang masih terdampak dari total 30.470 RT yang ada di Jakarta, atau sejumlah 0,161 persen," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto, dalam keterangan tertulis.

    Baca: Banjir Mulai Surut, 49 RT di Jakarta Masih Terdampak
     
    Seluruh masyarakat diminta berkolaborasi meringankan beban pengungsi di Ibu Kota. Kebutuhan mendesak yang diperlukan saat ini berupa logistik, perahu, makanan, minuman, peralatan medis, keperluan keluarga, matras, selimut, dan masker.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id