Penumpang Bus AKAP dari Jakarta Sepi

    Zaenal Arifin - 12 Mei 2020 14:30 WIB
    Penumpang Bus AKAP dari Jakarta Sepi
    Calon penumpang di Terminal Bus Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur. Medcom.id/Zaenal Arifin
    Jakarta: Pelonggaran aturan larangan mudik sudah berjalan sepeka. Namun, penumpang bus antar kota antar provinsi (AKAP) yang naik dari Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur, masih bisa dihitung jari.

    "Kemarin (Senin, 11 Mei 2020) yang berangkat empat orang ke Pekalongan dan Purwokerto. Ada lima bus yang disiapkan, tapi penumpangnya cuma segitu," ucap petugas PO Sinar Jaya, Sumiati, di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Selasa, 12 Mei 2020.

    Sumiati mengungkapkan perusahaannya akan memberikan tiket bus jika calon penumpang melengkapi surat-surat resmi. Sebab, warga tak bisa sembarangan melakukan mobilisasi antardaerah karena sudah diatur Surat Edaran Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19

    "Rata-rata masih keperluan dinas, bukan buat mudik," ungkapnya.

    Pelonggaran operasional AKAP berlaku sejak SE Ketua Gugus Tugas Covid-19 diteken pada 6 Mei 2020 dan berlaku hingga 31 Mei 2020. Edaran tersebut mengatur prasyarat warga bisa keluar atau masuk daerah yang memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

    Baca: Izin Mobilisasi Antardaerah Hanya untuk Penanganan Covid-19

    Pertama, perjalanan orang yang bekerja pada lembaga pemerintah atau swasta yang menyelenggarakan pelayanan covid-19. Kemudian, perjalanan dalam rangka pelayanan ketahanan, pertahanan, dan ketertiban umum.

    Ketiga, untuk pelayanan kesehatan, pelayanan kebutuhan dasar, pelayanan pendukung, dan pelayanan fungsi ekonomi penting. Selain itu, orang yang membutuhkan layanan kesehatan darurat juga dibolehkan berangkat.

    Baca: Berikut Kriteria Warga yang Diperbolehkan Mudik Saat Pandemi

    Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini: https://www.medcom.id/corona



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id