Penahanan 3 WNA Dipindahkan ke Rumah Deteni Imigrasi Manado

    27 Februari 2019 19:56 WIB
    Penahanan 3 WNA Dipindahkan ke Rumah Deteni Imigrasi Manado
    Tiga warga negara asing (WNA) dipindahkan penahanannya ke Rumah Deteni Imigrasi Manado. Dok. Istimewa
    Jakarta: Tim Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Jakarta Pusat memindahkan penahanan tiga warga negara asing (WNA) ke Rumah Deteni Imigrasi Manado. Pemindahan dilakukan lantaran tahanan di Imigrasi Kelas I Non TPI Jakarta Pusat sudah melebihi kapasitas.

    Pihak Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Jakarta Pusat sudah berkoordinasi dengan Rumah Deteni Imigrasi Manado untuk pemindahan penahanan ini. Rumah Deteni Imigrasi Manado dipilih karena memiliki kapasitas yang lebih baik.

    "Pihak Rudenim (Rumah Deteni Imigrasi) Manado menyanggupi untuk sementara waktu dalam rangka pengembangan kasus keimigrasian," Kasubsi Intelijen Keimigrasian Kiven Samuel Manus di Jakarta, Rabu, 27 Februari 2019.

    Tiga WNA yang dipindahkan tersebut, yakni Kouadio Herve, 31, asal Pantai Gading; Manguel Observo Afonso, 27, asal Mozambique; dan Moses Kamukama, 47, asal Uganda.

    Petugas Imigrasi menangkap ketiga WNA itu di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat. Mereka sehari-hari beraktivitas sebagai pedagang di Tanah Abang. 

    Para WNA itu diduga melanggar Pasal 71 huruf b Undang-undang No. 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. Pasal itu berbunyi, “Setiap orang asing yang berada di Wilayah Indonesia wajib memeperlihatkan dan menyerahkan dokumen perjalanan atau izin tinggal yang dimilikinya apabila diminta oleh pejabat imigrasi yang bertugas dalam rangka pengawasan Keimigrasian.”

    Dari hasil pengecekan pada sistem keimigrasian, mereka masuk ke Indonesia pada Oktober 2018 menggunakan visa kunjungan B211. Visa itu berlaku hanya untuk 30 hari. Alhasil, mereka tertangkap tangan menyalahi izin tinggal yang telah habis masa berlakunya (overstay).

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id