Sistem Perpanjangan SIM Online Diluncurkan 13 April 2021

    Fachri Audhia Hafiez - 11 April 2021 21:18 WIB
    Sistem Perpanjangan SIM <i>Online</i> Diluncurkan 13 April 2021
    SIM. Foto: MI/Arya Manggala



    Jakarta: Aplikasi pembuatan dan perpanjangan surat izin mengemudi (SIM) berjuluk Sinar SIM Nasional Presisi diluncurkan Selasa, 13 April 2021. Polda Metro Jaya memastikan persiapan sudah matang.

    "Kami siap untuk melaksanakan program perpanjangan sim A dan C secara daring melalui aplikasi Sinar," kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo, saat dikonfirmasi, Minggu, 11 April 2021.






    Aplikasi Sinar bisa diunduh melalui ponsel berbasis iOS dan Android. Sinar bertujuan mempermudah pengguna mengurus SIM tanpa mendatangi satuan penyelenggara administrasi (satpas) SIM.

    Baca: Ini Cara Perpanjangan SIM Sambil Rebahan

    Di sisi lain, pemohon SIM baru harus datang ke satpas untuk mengikuti ujian praktik. Jika lolos, pemohon SIM bisa melanjutkan registrasi melalui daring.

    Sementara itu, pemohon yang ingin mengurus perpanjangan izin diminta menyiapkan SIM yang masih berlaku. Kemudian, pemohon mengunduh aplikasi.

    Dalam aplikasi, pemohon harus memverifikasi nomor telepon. Nantinya, fitur registrasi dengan mencantumkan nomor induk kependudukan (NIK) sesuai kartu tanda penduduk (KTP) dan nomor SIM akan muncul. Pengguna bakal diminta berswafoto sambil memegang KTP/SIM.  

    Selanjutnya, pemohon memverifikasi hasil pemeriksaan kesehatan elektronik (e-RIKKES) dan e-PPSI. Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polri akan memberitahu kepada petugas dokkes seluruh kepolisian daerah (polda) untuk mengecek e-RIKKES dan e-PPSI itu. 

    Setelah diperiksa, tim dokter mengunggah hasil pemeriksaan kesehatan dan mengikuti psikotes. Selanjutnya, pemohon akan dinyatakan lolos atau tidak. 

    Aplikasi perpanjangan SIM daring juga mencantumkan rekening pembayaran dan pengembalian biaya. Selanjutnya, pemohon diminta mengirimkan foto dan tanda tangan. Kemudian, pemohon dapat memilih lokasi satpas pengambilan SIM tersebut. 

    Pemohon dapat memilih untuk mengambil SIM sendiri. Bahkan pengambilan SIM dapat dikuasakan kepada orang lain atau dikirim melalui jasa PT Pos Indonesia.


    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id