PSI Tolak Formula E Digelar Tahun Depan

    Sri Yanti Nainggolan - 07 November 2019 16:39 WIB
    PSI Tolak Formula E Digelar Tahun Depan
    Ilustrasi- ajang balap mobil listrik Formula E di New York, Amerika Serikat. AFP/David Delgado.
    Jakarta: Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menolak penyelenggaraan balap mobil listrik Formula E pada 6 Juni 2020. PSI menilai ada banyak program prioritas lain yang seharusnya dikerjakan Pemprov DKI.

    "APBD lagi defisit, bahkan bisa dikatakan perekonomian kita sedang tak baik. Kami harap bisa lebih mengedepankan prioritas untuk kepentingan umum," kata anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PSI Anthony Winza di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis, 7 November 2019. 

    Anthony mengatakan sebaiknya anggaran penyelenggaraan Formula E digunakan merehabilitasi sekolah dan menambah akses air bersih. Apalagi, anggaran balap mobil listrik itu tak ada dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD).

    Pemerintah DKI berharap gelaran Formula E bisa meningkatkan kesadaran masyarakat menggunakan mobil listrik. Anthony menilai upaya itu bisa dilakukan dengan membangun infrastruktur penunjang seperti pusat pengecasan mobil listrik.

    "Kalau itu tujuan mendorong mobil listrik, bukan ajang mobil listrik," kata dia. 

    Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta Fraksi PSI Anggara Wicitra Sastroamidjojo menilai belum ada analisa investasi dalam kegiatan balap mobil listrik itu. Ia berharap acara itu dibatalkan.

    "Dewan baru dengan pembahasan sebentar, harus tanda tangan dengan dana fantastis. Kami minta dibatalkan sampai kajiannya lengkap," kata Anggara. 

    PSI mengajak fraksi lain menolak diadakannya ajang tersebut. PSI akan mencoba membatalkan anggaran itu dalam rapat Badan Anggaran (Banggar) yang diadakan setelah pembahasan KUA-PPAS 2020 selesai.

    Pemprov DKI Jakarta harus merogoh kocek hingga USD24,1 juta untuk menjadi tuan rumah Formula E. Angka itu setara dengan Rp360 miliar, dan merupakan biaya komitmen sebagai tuan rumah.





    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id