Anies Minta Kolaborasi Solid Pemerintah dan Masyarakat

    Antara - 19 Mei 2020 19:04 WIB
    Anies Minta Kolaborasi Solid Pemerintah dan Masyarakat
    Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Medcom.id/Nur Azizah.
    Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, menyebut penanganan dan penanggulangan korona (covid-19) memerlukan kolaborasi solid antara pemerintah maupun masyarakat. Pihaknya menyiapkan kanal bantuan untuk memudahkan penyaluran bantuan, yakni Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) melalui situs corona.jakarta.go.id/ksbb.

    Situs tersebut dimanfaatkan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Bank DKI untuk menyalurkan bantuan kepada warga Jakarta. “Kita ingin agar saudara-saudara terbantu, terutama yang tidak memiliki tabungan yang cukup, dan pendapatan yang sifatnya harian, kemudian terhambat kehidupannya sehari-hari akibat Covid-19,” ujar Anies seperti dikutip dari Antara, Selasa, 19 Mei 2020.

    Dia mengapresiasi para karyawan BUMD itu yang turut membantu penanganan dengan menyumbang dana Rp5 miliar. Bantuan tersebut akan disalurkan kepada masyarakat terdampak pandemi. 

    Baca: Banyak Langgar PSBB, Kasus Korona di Jakarta Naik Lagi
      
    Berdasarkan epidemiologi dari para ahli kesehatan, kata dia, saat ini reproduksi virus covid-19 (R0) di Jakarta berada di poin 1. Artinya, orang yang terinfeksi Covid-19 hanya menularkan satu orang, sementara pada bulan Maret lalu satu orang dapat menjangkiti 3-4 orang lain.

    “Alhamdulillah selama dua bulan ini warga Jakarta berhasil secara bersama-sama menurunkan angka reproduksi virus. Semula berada di poin 3,5 sampai 4,5 sekarang turun di angka 1,” katanya.

    Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta, PT Bank DKI menyalurkan bantuan kemanusiaan dengan total Rp5 miliar untuk penanganan covid-19. Rinciannya yakni Rp2,25 miliar diserahkan dalam bentuk bantuan sosial (bansos) melalui KSBB. Sementara Rp844,5 juta diberikan dalam bentuk alat pelindung diri (APD) dan Rp638 juta berupa bantuan kemanusiaan kepada tim medis.



    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id