comscore

Ganjil Genap di 4 Ruas Tol Saat Libur Nataru Situasional

Hilda Julaika - 21 Desember 2021 19:54 WIB
Ganjil Genap di 4 Ruas Tol Saat Libur Nataru Situasional
Pengawasan ganjil genap di Bundaran Senayan, Jaksel, Kamis, 12 Agustus 2021. Foto: Medcom.id/Aria Triyudha
Jakarta: Polda Metro Jaya menegaskan penerapan sistem ganjil genap (gage) di empat ruas jalan tol selama libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru) saat ini, batal diterapkan. Namun, untuk ke depan, kebijakan ini bersifat situasional. 

"Itukan (ganjil genap di ruas tol) baru wacana belum diputuskan, tetapi viral di medsos (media sosial) empat ruas tol itu," kata Kasubdit Gakkum Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono, saat dikonfirmasi, Selasa, 21 Desember 2021.

 



Namun, kata dia, wacana ganjil genap ini masih ada memungkinkan diberlakukan. Polisi akan melihat situasi dan kondisi di lapangan.

"Misal jelang tahun baru terjadi lonjakan mobilitas luar biasa, tetapi nanti itu teknis dikeluarkan SE Kemenhub (surat edaran Kementerian Perhubungan) dulu dan teknisnya dari mulai tanggal 30 Desember sampai 2 Januari dilakukan dari pagi sampai malam, tetapi lihat situasi," ungkap dia.

Baca: Ingat! Ganjil Genap Berlaku di Sejumlah Tol di Jawa Mulai Hari Ini

Sebanyak empat ruas tol yang berpotensi terkena sistem ganjil genap situasional akan diumumkan Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan. Publik diminta bersabar.

"Dan akan dikeluarkan seperti inmendagri (instruksi menteri dalam negeri terkait covid-19). Nah, akan dikeluarkan SE Kemenhub. Makanya kok ramai berita 20 Desember ganjil genap itu dipastikan hoaks," tegas dia.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan kebijakan ganjil genap di jalan tol selama periode libur Nataru akan diputuskan melalui diskresi kepolisian. Hal ini bergantung kondisi di lapangan.

"Ganjil genap di tol ini sangat mungkin dilakukan sepanjang ada penilaian dari kepolisian di lapangan bahwa ganjil genap akan dilakukan," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi dalam konferensi pers daring di Jakarta, Senin, 20 Desember 2021.

(OGI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id