Penetapan Cagar Budaya Makam Mbah Priok Diwarnai Pro Kontra

    Whisnu Mardiansyah - 04 Maret 2017 20:42 WIB
    Penetapan Cagar Budaya Makam Mbah Priok Diwarnai Pro Kontra
    Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama saat meresmikan makam keramat Mbah Priok Habib Hasan Alhadad sebagai cagar budaya. MTVN/Whisnu Mardiansyah.
    medcom.id, Jakarta: Kawasan makam keramat Mbah Priok Habib Hasan Alhadad resmi ditetapkan sebagai cagar budaya. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, keputusan penetapan cagar budaya banyak mendapat penolakan.

    "Karena di dalam pemerintahan juga masih ada oknum-oknum tidak suka. Ini peristiwa yang lama," kata Ahok di Makam Mbah Priok, Koja, Jakarta Utara, Sabtu 4 Maret 2017.

    Ahok mengatakan, pihak yang menolak beralasan keputusan itu kontraproduktif. Namun, Ahok tak ingin menyebutkan nama pejabat DKI Jakarta yang menentang keputusan itu.

    "Saya tapi enggak mau bilang siapa orangnya, tapi saya sampaikan kepada Habib siapa orangnya," ujarnya.

    Tak hanya menolak, ada sekelompok orang di lingkup Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang tak senang keputusan itu akhirnya disahkan. Mereka, kata Ahok, berdalih makam Mbah Priok masuk dalam kawasan industri.

    "Padahal sejak 2012 sudah saya ubah ini mau saya jadikan kawasan wisata religi bukan industri," kata Ahok.

    Mantan Bupati Belitung Timur itu menegaskan, tak ada kepentingan politik yang dibawa saat mengesahkan makam keramat ini sebagai cagar budaya. Ahok hanya ingin kawasan wisata religi ini dikelola lebih baik dari sebelumnya.

    "Itu Habib Hasan sudah tahu," pungkas Ahok.

    Ahok telah menetapkan makam Mbah Priok Habib Hasan Alhadad sebagai cagar budaya. Ahok meresmikan status cagar budaya dengan menandatangani prasasti yang tertanam di sana.

    Ahok menegaskan, penentuan cagar budaya merupakan hak Gubernur DKI Jakarta. Pemberian status cagar budaya ini tak berjalan mudah. Ahok mengaku sempat mendapatkan penolakan saat menggelar rapat pimpinan dengan beberapa pihak terkait.





    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id