comscore

Gawat! RSD Wisma Atlet Didominasi Pasien Repatriasi

Rizki Nor Mohamad - 01 Desember 2021 04:03 WIB
Gawat! RSD Wisma Atlet Didominasi Pasien Repatriasi
Kepala Humas Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran Kolonel Mintoro Sumego. Metro TV/Rizki Nur Mohamad
Jakarta: Sebanyak 173 pasien covid-19 menjalani perawatan di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran. Sebagian besar merupakan pasien repatriasi.

"Jadi rata-rata yang dirawat di sini adalah untuk pasien dari (ber-KTP) DKI itu 9 persen, pasien luar DKI 1 persen, dan repratriasi 90 persen," ujar Kepala Humas Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran Kolonel Mintoro Sumego di Wisma Atlet Kemayoran, Selasa, 30 November 2021.

 



Mintoro menyampaikan pasien repatriasi yang dirawat ialah orang-orang yang dinyatakan positif covid-19 berdasarkan tes polymerase chain reaction (PCR) saat menjalani karantina usai dari luar negeri. Merek rata-rata dirawat sekitar 10-14 hari.

"Pasien repatriasi yang saat ini dirawat adalah mereka yang datang dari negara Arab Saudi, Malaysia, dan sebagian negara Eropa dan Amerika," ujar dia.

Di samping itu, Mintoro memastikan belum ada pasien yang terkonfirmasi positif terjangkit varian baru, Omicron, dirawat di RSD Wisma Atlet. Namun, dia menegaskan RSD Wisma Atlet siap apabila harus menerima pasien yang terjangkit varian Omicron.

"Siap dalam hal personel, peralatan medis dan obat obatan," ucap Mintoro.

Baca: Update Covid-19: 297 Kasus Baru dan 324 Pasien Sembuh

Mintoro menyampaikan RSD Wisma Atlet juga sudah mengantisipasi bila terjadi lonjakan pasien covid-19 usai libur Natal dan Tahun Baru. Seluruh tenaga medis, alat kesehatan, dan ruang intensive care unit (ICU) di RSD Wisma Atlet akan dikerahkan untuk menangani pasien covid-19.

"Jadi sekarang ada 97 ICU, dan hanya diisi 7 pasien. Dan, punya 54 ventilator yang kita siapkan. Untuk obat kita siap untuk 4 bulan ke depan," jelas dia.

(AZF)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id