Siap Tak Siap, ERP Jalan Tahun Depan

    Sri Yanti Nainggolan - 19 November 2019 13:31 WIB
    <i>Siap Tak Siap, ERP Jalan Tahun Depan</i>
    Kendaraan bermotor melintasi gerbang jalan berbayar atau electronic road pricing (ERP) di kawasan Jalan Merdeka Barat, Jakarta. Foto: MI/Pius Erlangga
    Jakarta: Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono menegaskan penerapan electronic road pricing (ERP) atau sistem jalan berbayar mesti dilakukan tahun depan. Penerapan aturan ini buat menggantikan sistem lama. 

    "Gage (ganjil genap) mulai Desember tahun lalu, Desember ini sudah setahun. Lebih dari setahun sudah tak efektif," ujar Bambang kepada Medcom.id, Selasa, 19 November 2019.

    Bambang menyebut penerapan ERP masuk rencana kerja tahunan BPTJ. Pihaknya tak ingin mendapat rapor jelek.  

    "Kita punya Key Performance Indicator (KPI), kalau itu tak dikerjakan, KPI kita jeblok. Siap tak siap, all out kita." tegas Bambang. 

    Dia menuturkan BPTJ terus mengolah regulasi ERP. Seperti, jenis kendaraan yang boleh melintas, biaya, dan lainnya. 

    Bambang mengatakan BPTJ bertanggung jawab pada ERP ring ketiga, yaitu jalan perbatasan nasional. Tiga jalan perbatasan yang bakal menerapkan sistem ini, yaitu Jalan Kalimalang (timur), Jalan Margonda (selatan), dan Jalan Daan Mogot (barat).

    Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperpanjang kebijakan ganjil genap. Aturan ini mulai efektif dilaksanakan pada Rabu, 2 Januari 2019. Perpanjangan ini berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 155 Tahun 2018 tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil Genap.

    Kebijakan ganjil genap tak akan diterapkan selamanya. Kebijakan itu akan dihapus bila 60 persen masyarakat sudah berpindah menggunakan transportasi massal.



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id