Realisasi Bantuan Korban Banjir Jakarta Belum Bisa Dipastikan

    Putri Anisa Yuliani - 20 Januari 2020 11:28 WIB
    Realisasi Bantuan Korban Banjir Jakarta Belum Bisa Dipastikan
    Ilustrasi banjir/MI/Bary Fathahilah
    Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta belum bisa memastikan kapan realisasi bantuan untuk para warga terdampak banjir. Pemprov masih mendata para korban terdampak banjir Jakarta. 

    "Kita masih lakukan penyesuaian administrasi," kata Kepala Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta Irmansyah saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin, 20 Januari 2020.

    Irmansyah mengatakan Biro Tata Pemerintahan akan mendata warga terdampak melalui rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW). Dinsos DKI masih menunggu hasil pendataan tersebut. 

    "Ini kan kaitannya dengan kerusakan rumah kan. Saya tidak tahu mungkin RT atau apa. Kalau Saya (Dinsos) lebih ke bantuan keluarga nanti," ujarnya.

    Irmansyah menuturkan Pemprov juga akan memberikan bantuan sosial (bansos) berupa sembako. Mekanismenya, bisa dengan distribusi langsung kepada setiap kepala keluarga melalui Lurah, atau pemberian dana bansos.

    Khusus rencana dana bansos, Pemprov DKI masih merumuskan apakah penyaluran dana tunai itu masuk ke rekening Kartu Jakarta Pintar (KJP), Kartu Lansia Jakarta (KLJ), atau lainnya.

    "Kan kita biasa KLJ, KJP. Berarti dia bisa beli macam-macam tapi sudah diarahkan belinya untuk kebutuhannya. Kalau KJP itu tidak bisa buat macam-macam," ujarnya.

    Pemprov DKI berjanji memberikan bantuan kepada korban banjir yang melanda Jakarta di awal 2020. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah DKI Jakarta Edi Sumantri anggaran akan diambil dari bantuan tak terduga (BTT) 2019 yang mencapai Rp188 miliar. Namun, tak semua dana dialokasikan untuk korban banjir.

    "Masyarakat yang terdampak kan belum tahu, belum ada data resminya," kata Edi di Gedung Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Senin, 13 Januari 2020.





    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id