comscore

Kenapa Kendaraan Harus Berpelat Putih, Ini Penjelasan Logis Kakorlantas

MetroTV - 04 Februari 2022 15:06 WIB
Kenapa Kendaraan Harus Berpelat Putih, Ini Penjelasan Logis Kakorlantas
Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Santyabudi (tengah) saat berkunjung ke ruang redaksi Media Group. Foto: Medcom.id
Jakarta: Mulai tahun ini, semua kendaraan pribadi di Indonesia secara bertahap berganti warna pelat nomor. Dari berwarna dasar hitam menjadi putih.

Namun, banyak yang belum mengerti kenapa Polri, dalam hal ini Korps Lalu Lintas (Korlantas), menggantinya dengan warna putih. Padahal, ada banyak pilihan warna lain seperti merah, kuning, hijau, atau biru.
Nah, Kepala Korlantas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Santyabudi menjelaskannya secara logis. Firman menjelaskan mengenai pemilihan pelat berwarna putih ini saat berkunjung ke ruang redaksi Media Group, di Kedoya, Jakarta Barat, Rabu, 2 Februari 2022.

Firman mengatakan warna putih adalah warna paling baik. "Paling baik untuk bisa di-capture kamera. Warna putih juga paling baik dalam membias warna dan mengurangi kesalahan peng-capture-an," kata putra Wakil Presiden Keenam RI, Tri Sutrisno, itu.

Firman mengatakan pemakaian pelat putih juga dilakukan untuk mendukung penerapan tilang elektronik (ETLE) secara lebih luas. Keberadaan ETLE, kata dia, juga bisa semakin mengefektifkan tugas kepolisian dalam menertibkan lalu lintas.

Baca: Mau Ganti Pelat Hitam ke Putih Secara Gratis? Begini Syaratnya!

Direktur Penegakan Hukum Korlantas Polri, Brigjen Pol Aan Suhanan, menjelaskan kehadiran ETLE berdampak positif dan efektif mengubah perilaku pengguna jalan. Aan berharap masyarakat bisa semakin konsisten disiplin berlalu lintas setiap waktu

"Kami akan terus menambah kamera ETLE. Kami berharap juga bisa segera ada di seluruh wilayah Indonesia," kata Aan dalam program Headline News, Metro TV, Jumat 4 Februari 2022.

Korlantas Polri berupaya memberlakukan ETLE di seluruh Indonesia melalui beberapa tahap. Pertama, meluncurkan ETLE di 12 Polda dengan total 244 kamera. Tahap kedua, ETLE akan diluncurkan di 13 Polda pada akhir Februari atau awal Maret 2022. 

"Perkembangannya sangat luar biasa, saat ini kamera ETLE terbanyak di Polda Metro Jaya dengan total 98 kamera," kata Aan. (Fauzi Pratama Ramadhan)

(UWA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id