Lucas Bakal Tagih Barang yang Dilelang KPK

    Candra Yuri Nuralam - 08 April 2021 15:06 WIB
    Lucas Bakal Tagih Barang yang Dilelang KPK
    Ilustrasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Medcom.id/Candra Yuri Nuralam



    Jakarta: Terpidana kasus perintangan penyidikan membantu mantan petinggi Lippo Group Eddy Sindoro, Lucas, meminta barang-barangnya yang dilelang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikembalikan. Mahkamah Agung (MA) mengabulkan peninjauan kembali (PK) Lucas dan membebaskannya dari semua dakwaan.

    "Tentunya kami akan minta (barang yang disita) untuk dikembalikan," kata Pengacara Lucas, Aldres Napitupulu kepada Medcom.id, Kamis, 8 April 2021.






    Aldres mengatakan pihaknya akan segera menyurati Lembaga Antikorupsi. Barang-barang milik Lucas diminta dikembalikan atau diganti dengan uang.

    "Kalau sudah dilelang kami akan minta hasil lelangnya diserahkan kembali kepada Pak Lucas, kepada pihak dari mana barang tersebut disita," ujar Aldres.

    Putusan itu diketuk hakim ketua Abdul Latif serta dua hakim anggota, Sofyan Sitompul dan Salman Luthan, pada Rabu, 7 April 2021. Putusan itu teregister dengan Nomor 78 PK/Pid.Sus/2021.

    Baca: PK Dikabulkan MA, Terpidana Lucas Bebas

    Dengan dikabulkannya PK tersebut, Lucas sudah mendapatkan empat kali potongan masa penjara. Lucas sejatinya divonis tujuh tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat pada Maret 2019.

    Lucas kemudian mengajukan banding dan hukumannya dipangkas menjadi lima tahun. Dia kemudian kembali mengajukan kasasi dan mendapatkan potongan hukuman menjadi tiga tahun.

    KPK melelang barang milik tujuh terpidana kasus korupsi. Barang yang dilelang mulai dari ponsel sampai tas mewah. Barang yang dilelang, yakni 20 ponsel, tiga pasang sepatu, dan satu tas mewah. Beberapa di antaranya milik Lucas.
     
    "KPK kembali akan melaksanakan lelang eksekusi barang rampasan negara tanpa kehadiran peserta lelang dengan jenis penawaran lelang melalui internet," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK bidang penindakan Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Senin, 29 Maret 2021.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id