Pelanggar Protokol Kesehatan Siap-siap Dijerat Pidana

    Fachri Audhia Hafiez - 13 September 2020 10:56 WIB
    Pelanggar Protokol Kesehatan Siap-siap Dijerat Pidana
    Ilustrasi hukuman. Medcom.id
    Jakarta: Polri bakal menindak tegas pelanggar protokol kesehatan pencegahan virus korona (covid-19). Upaya itu dilakukan kepada pelanggar yang membandel.

    "Apabila sudah kita ingatkan beberapa kali tidak mau dan tetap melanggar, penerapan undang-undang mau tidak mau, suka tidak suka akan kita lakukan," kata Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono dalam keterangan tertulis, Minggu, 13 September 2020.

    Gatot menyebut ada beberapa pasal yang bisa diterapkan kepada warga yang tidak disiplin protokol covid-19. Yakni, Pasal 212, 216, dan 218 KUHP.

    Pasal 212 KUHP memuat aturan hukuman pidana penjara paling lama 1 tahun empat bulan atau denda maksimal Rp4.500. Aturan itu bisa dikenakan bagi pelanggar yang berusaha melawan seorang pejabat yang tengah menjalani tugas.

    Pasal 216 KUHP mengatur soal seseorang yang berusaha mencegah, menghalangi, dan menggagalkan tugas seorang pejabat berwenang. Pelanggar terancam pidana penjara paling lama empat bulan dua minggu atau denda maksimal Rp9.000.

    Pasal 218 KUHP dikenakan bagi pelanggar yang melakukan kerumunan dengan sengaja tidak pergi setelah tiga kali diberikan peringatan oleh pihak berwenang. Ancaman berupa pidana penjara paling lama empat bulan dua minggu dan denda paling banyak Rp9.000.
     

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id