Tjahjo Yakin Harta Kekayaannya Tak Bermasalah

    Fachri Audhia Hafiez - 30 Oktober 2019 16:41 WIB
    Tjahjo Yakin Harta Kekayaannya Tak Bermasalah
    Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Tjahjo Kumolo. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
    Jakarta: Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Tjahjo Kumolo, berjanji menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ia yakin data kekayaannya tak ada masalah.

    "Pekan depan saya kirim. Tapi update terakhir waktu saya di Kemendagri, akhir tahun sudah ada. Saya kira gak ada masalah," kata Tjahjo di Kantor Kemenpan RB, Jalan Jenderal Sudirman, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu, 30 Oktober 2019.

    Tjahjo mengklaim taat menyampaikan LHKPN sebagai pejabat pemerintahan. Ia juga meyakini menteri-menteri lain bakal menyerahkan data kekayaan secepatnya.

    "(Menteri) lain masing-masing. Kan semakin cepat semakin baik. Enggak ada aturannya harus besok, tapi saya kira semua akan taat," ujar Tjahjo.

    KPK masih menanti penyampaian LHKPN Menteri Kabinet Indonesia Maju. Lembaga Antirasuah berencana menyurati para menteri agar segera menyampaikan LHKPN.

    KPK mencatat sebanyak enam menteri baru belum melaporkan harta kekayaan karena belum pernah menjabat sebagai penyelenggara negara. Sedangkan menteri yang benar-benar baru menjabat, misalnya dari pihak swasta atau bukan penyelenggara negara, ada sekitar enam orang.

    Kemudian ada lima menteri sempat menjadi penyelenggara negara. Menteri yang telah berstatus sebagai penyelenggara negara cukup menyetor data dalam rentang Januari sampai 31 Maret 2020.

    KPK cukup getol mengimbau agar menteri Kabinet Indonesia Maju segera melaporkan LHKPN. Apalagi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengultimatum para menteri agar tak korupsi.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id