Muhammad Syarifuddin Jadi Ketua MA

    Kautsar Widya Prabowo - 06 April 2020 14:21 WIB
    Muhammad Syarifuddin Jadi Ketua MA
    Ketua Terpilih Mahkamah Agung Muhammad Syarifuddin. MI/Panca Syurkani
    Jakarta: Muhammad Syarifuddin terpilih sebagai ketua Mahkamah Agung periode 2020-2025. Dia menggantikan Hatta Ali yang memasuki masa pensiun.

    Wakil Ketua Mahkamah Agung bidang Yudisial itu mendapat 32 suara, sedangkan lawannya Andi Samsan Nganro mendapat 14 suara. Berdasarkan Keputusan Ketua MA Nomor 96/KNA/SK/IV/2020 tentang Tata Tertib Pemilihan Ketua MA, pemenang ialah orang dengan suara terbanyak.

    "Bedasarkan Pasal 7, calon ketua MA mendapatkan suara terbanyak putaran kedua, maka langsung ditetapkan ketua MA terpilih," kata Ketua MA Hatta Ali dalam sidang paripuran khusus, Ruang Kusumaatmaja, Gedung MA, Jakarta, Senin, 6 April 2020.

    Hatta Ali menyebut hasil ini segera diberikan kepada Presiden Joko Widodo. Selanjutnya, ketua terpilih bakal dilantik Presiden.

    "Mari kita mendukung ketua MA yang baru," tutur dia.

    Pemilihan Dua Putaran

    Pemilihan ketua MA periode 2020-2025 dilaksanakan dua putaran. Pasalnya, dari total enam calon tidak ada yang memperoleh suara sesuai ketentuan.

    "Tidak ada calon yang telah memenuhi suara 50 persen ditambah satu dari suara yang sah maka sesuai ketentuan Pasal 7 huruf e dari Tata Tertib Pemilihan Ketua MA, maka pemilihan akan dilanjutkan pada putaran kedua," ujar Hatta Ali.

    Hasil pemilihan putaran pertama menghasilkan Muhammad Syarifuddin memperoleh 22 suara, Andi Samsan Nganro 14 suara, Sunarto lima suara, Supandi 1 suara, Amran Suadi satu suara, dan Suhadi satu suara. Total, 44 suara sah dan dua suara tidak sah.

    Putaran kedua hanya diikuti dua calon yang mendapat suara terbanyak pada putaran pertama, yakni Muhammad Syarifuddin dan Andi Samsan Nganro. Hatta Ali memutuskan tidak ikut pemilihan lantaran ingin objektif dan telah memasuki masa pensiun. Sebanyak 46 hakim agung mengikuti pemilihan.



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id