comscore

Eks Pejabat Kementerian ESDM Sri Utami Dituntut 4 Tahun Bui

Candra Yuri Nuralam - 24 Mei 2022 18:47 WIB
Eks Pejabat Kementerian ESDM Sri Utami Dituntut 4 Tahun Bui
Eks pejabat Kementerian ESDM Sri Utami. Foto: MI/Andri Widianto.
Jakarta: Terdakwa dugaan rasuah kegiatan fiktif di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada 2012 Sri Utami menjalani sidang tuntutan hari ini, 24 Mei 2022. Jaksa penuntut umum (JPU) pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta hakim menjatuhkan hukuman penjara empat tahun tiga bulan kepada Sri.

"Terhadap terdakwa Sri Utami menjatuhkan pidana penjara empat tahun tiga bulan," kata JPU pada KPK di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat, Selasa, 24 Mei 2022.
Jaksa meminta hakim menyatakan Sri bersalah dalam kasus ini. Jaksa sangat yakin semua bukti dalam persidangan telah membuktikan Sri melakukan tindakan koruptif.

Baca: Masa Penahanan Indra Kenz Kembali Diperpanjang 30 Hari

Jaksa juga meminta hakim memberikan hukuman pidana denda Rp250 juta ke Sri. Jika tidak dibayar, pidana penjaranya harus ditambah selama tiga bulan.

"Mengembalikan uang pengganti sebesar Rp2,39 miliar kepada negara dalam waktu satu bulan setelah putusan berkekuatan hukum tetap apabila tidak mencukupi dipenjara satu tahun," ujar jaksa.

Hukuman itu dinilai pantas untuk Sri. Jaksa menilai hukuman Sri tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas tindakan korupsi, kolusi, dan nepotisme. Selain itu, jaksa juga melihat Sri kurang terbuka dalam memberikan keterangan dalam persidangan.

Sementara itu  hal yang meringankan yakni Sri memiliki tanggungan keluarga. Selain itu, dia dinilai sopan selama persidangan dan belum pernah menjalani hukuman penjara.

(AGA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id