Indonesia-AS Bahas Terorisme Hingga Laut Cina Selatan

    Faisal Abdalla - 30 Mei 2019 16:20 WIB
    Indonesia-AS Bahas Terorisme Hingga Laut Cina Selatan
    Menteri Pertahanan Jenderal (Purn) TNI Ryamizard Ryacudu--Medcom.id/Faisal Abdalla.
    Jakarta: Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menerima kunjungan Pejabat Menteri Pertahanan AS, Patrick Michael Shanahan. Pertemuan ini membahas sejumlah isu strategis di bidang pertahanan.

    "Yang kita bicarakan tadi adalah masalah peningkatan pertahanan antarkedua negara. Bicara pertahanan, berarti tentu untuk menghadapi ancaman-ancaman yang ada, artinya dua negara ini menghadapi ancaman yang sama," kata Ryamizard di Gedung Kemenhan, Jakarta, Kamis, 30 Mei 2019.

    Salah satu yang dibahas dalam pertemuan antara Menhan RI dan AS ini adalah terkait program ASEAN 'Our Eyes'. Program yang diinisiasi Pemerintah RI ini bertujuan untuk pertukaran informasi dalam menghadapi ancaman terorisme.

    "Itu kerja sama terutama nanti ya bilateral itu Indonesia Filipina dan Malaysia, kita sudah latihan operasi laut ya. Peristiwa pembajakan-pembajakan seminimal mungkin tinggal sedikit," ujarnya.

    Selain persoalan terorisme, kedua pertemuan itu juga membahas terkait konflik Laut Cina Selatan. Menhan menegaskan Indonesia mengedepankan konsep perdamaian dan kerjasama antar negara.

    "Seperti di antaranya patroli bersama, memang caranya berbeda tapi tujuanya sama, bagaimana Laut Cina Selatan aman dan bisa dilalui oleh semua kapal di dunia, baik di laut maupun di udara. Tentunya patokannya adalah hukum-hukum internasional yang berlaku," ujarnya.

    Selain dua persoalan tadi, pertemuan bilateral itu juga turut membahas konflik kemanusiaan di Rohingya, Myanmar. Konflik itu harus diselesaikan dengan baik agar tidak berkembang menjadi persoalan terorisme.

    "Kita bekerja sama baik dengan Amerika maupun seluruh negara ASEAN dan sekitranya termasuk Bangladesh untuk bagaimana korban kemanusiaan Rohingya ditangani dengan baik dan tidak direkrut oleh ISIS," ujarnya.

    Pertemuan bilateral Indonesia-AS digelar tertutup di Kantor Kemenhan, Jakarta. Sebelum menggelar pertemuan, Pejabat Menhan AS, Patrick Michael Shanahan disambut dengan upacara Jajar Kehormatan.



    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id