Pro Kontra Pergantian Pimpinan KPK Dinilai Wajar - Medcom

    Pro Kontra Pergantian Pimpinan KPK Dinilai Wajar

    Putra Ananda - 16 September 2019 17:14 WIB
    Pro Kontra Pergantian Pimpinan KPK Dinilai Wajar
    Anggota Komisi III DPR Arsul Sani. Foto: Medcom.id/Whisnu Mardiansyah
    Jakarta: Anggota Komisi III DPR Arsul Sani menilai biasa pro dan kontra yang muncul saat proses pergantian pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Arsul menyebut dinamika selalu muncul setiap DPR memilih pimpinan baru KPK. 

    "Kita sikapi saja wajar karena itu bagian dari ekspresi demokrasi," kata Arsul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 16 September 2019. 

    Arsul meyakini Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempertimbangkan semua masukan menyikapi terpilihnya lima pimpinan baru KPK. Politikus PPP itu menekankan proses pergantian pimpinan KPK ialah hal rutin. 

    "Apakah kemudian keputusannya itu katakanlah dipercepat atau tetap mengikuti ya tentu nanti presiden dengan bijak akan mendengarkan semuanya termasuk mendengarkan pandangan ahli dan tokoh masyarakat," tutur dia. 

    Komisi III DPR memilih lima dari 10 capim KPK melalui tahapan fit and proper test. Kelimanya, Firli Bahuri, Nawawi Pomolango, Lili Pintauli Siregar, Nurul Ghufron, dan Alexander Marwata. Komisi memilih Firli untuk memimpin KPK empat tahun ke depan. 

    Pilihan itu sudah disahkan DPR lewat rapat paripurna. Lima nama itu selanjutnya bakal diserahkan pada Presiden Joko Widodo untuk dilantik. 





    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id