Polisi Meledakkan 5 Bom Kaleng di Bekasi dan Condet

    Siti Yona Hukmana - 30 Maret 2021 00:11 WIB
    Polisi Meledakkan 5 Bom Kaleng di Bekasi dan Condet
    Kapolda Metro Jaya Irjen Mohammad Fadil Imran/Dok Humas DKI.



    Jakarta: Polisi menemukan lima bom kaleng saat menggeledah tempat persembunyian terduga teroris di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat dan Condet, Jakarta Timur (Jaktim). Semua bom yang tergolong bahan peledak tingkat tinggi atau TATP itu langsung diledakkan di lokasi.

    "Tim penjinak bom (jibom) dari satuan Gegana Polda Metro Jaya memutuskan melaksanakan disposal (pemusnahan) di dua lokasi ditemukan TATP tersebut, yaitu di Sukasari, Serang Baru, Bekasi, dan di Condet, Jaktim," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Mohammad Fadil Imran di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin, 29 Maret 2021.






    Fadil mengatakan lima bom aktif itu dalam bentuk kaleng dengan sumbu yang terbuat dari Triacetone Triperoxide (TATP). TATP merupakan senyawa kimia yang mudah meledak dan tergolong high explosive yang sangat sensitif.

    "TATP adalah senyawa peroksida yang khas, mudah terbakar hanya dengan gesekan panas dan pemicu-pemicu yang lainnya," ungkap Fadil.

    Menurut Fadil, bahan baku yang terdapat dalam lima bom tersebut seberat 3,5 kilogram (kg). Tim Gegana memperkirakan bahan peledak seberat itu dapat membuat sekitar 70 bom pipa. 

    "Inilah efek dari bom TATP yng berhasil dideteksi dan dicegah oleh Densus 88 Satgas Wilayah Polda Metro Jaya," ucap mantan Kapolda Jawa Timur itu.

    Baca: 4 Terduga Teroris Pakai Istilah Takjil untuk Bahan Peledak

    Detesemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap tiga terduga teroris di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Dia adalah ZA, 37; BS, 43; dan AJ, 46. Sementara itu, satu tersangka di Condet, Jaktim, HH, 56. 

    Para tersangka telah ditahan. Mereka dijerat Pasal 15 jo Pasal 7 dan atau Pasal 9 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme. Dengan ancaman pidana minimal 15 tahun penjara.


    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id