7 Anggota Polri di Jambi Positif Narkoba

    Siti Yona Hukmana - 24 Februari 2021 10:37 WIB
    7 Anggota Polri di Jambi Positif Narkoba
    Ilustrasi Medcom.id.
    Jakarta: Polri melakukan inspeksi mendadak (sidak) terkait penyalahgunaan narkoba di Polres Sarolangun, Polres Merangin, dan Polres Bungo di Jambi. Tujuh personel dinyatakan positif narkoba.

    "Saat diambil sampel, tujuh personel urine-nya positif mengandung narkoba," kata Kabid Humas Polda Jambi Kombes Mulia Prianto dalam keterangan tertulis, Rabu, 24 Februari 2021.

    Rinciannya, dua personel Polres Bungo, satu personel Polres Merangin, dan empat personel Polres Sarolangun. Ketujuh anggota Polri itu kini tengah menjalani pemeriksaan Bidang Profesi dan Pengamanan (Bid Propam) Polda Jambi.

    "Sebanyak tujuh personel urine-nya diduga mengandung amphetamine dan metamphetamine, akan dibawa ke Polda Jambi untuk pemeriksaan lebih lanjut," kata Mulia.

    Mulia mengatakan sidak itu dilakukan tim gabungan dari Bid Propam, Direktorat Reserse Narkoba (Dit Resnarkoba), dan Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bid Dokkes) Polda Jambi. Kegiatan itu merupakan tindak lanjut dari instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

    Listyo memerintahkan pelaksanaan tes urine massal terhadap seluruh anggota Polri baik di polda, polres, dan polsek se Indonesia. Setiap personel diambil sampel urine menggunakan alat tes narkoba.

    "Kita tidak main-main untuk memberantas narkoba di Jambi," ujar Mulia.

    Baca: Anggota Polda Sulut Pemakai Narkoba Akan Diberhentikan Tidak Hormat

    Mulia mengatakan pemeriksaan tes urine personel Polri itu akan terus dilakukan secara berkala. Dia meminta masyarakat bekerja sama dengan Polri untuk memberantas tindak pidana penyalahgunaan narkoba.

    "Masyarakat yang mengetahui atau melihat penyalahgunaan narkoba silakan dilaporkan ke Propam Polres terdekat," ucapnya.

    Total sudah 21 anggota Polri yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba dalam beberapa waktu terakhir. Sebelumnya, Polda Jawa Barat menangkap 12 personel Polsek Astanaanyar. Salah satunya ialah Kapolsek Astanaanyar Kompol Yuni Purwanti.

    Kompol Yuni telah dicopot dari jabatannya. Kini dia tengah menjalani pemeriksaan Propam Polda Jawa Barat.

    Teranyar, Propam Polda Jawa Tengah meringkus dua personel Polri. Kedua anggota itu, yakni AKP K yang merupakan personel Polres Wonogiri dan Bripka AA anggota Polres Salatiga.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id