Gus Nur Sembuh dari Covid-19

    Siti Yona Hukmana - 27 November 2020 21:43 WIB
    Gus Nur Sembuh dari Covid-19
    Sugi Nur Raharja atau Gus Nur. DOK Istimewa
    Jakarta: Tersangka kasus dugaan ujaran kebencian Sugi Nur Raharja alias Gus Nur sembuh dari covid-19. Hal itu dibenarkan oleh kuasa hukumnya, Azis Yanuar.

    "Iya sudah negatif covid-19 setelah tiga hari di Rumah Sakit Polri (Kramat Jati, Jakarta Timur)," kata Azis saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat, 29 November 2020.

    Polisi telah mengembalikan Gus Nur ke Rumah Tahanan Salemba cabang Bareskrim Polri, Jakarta Selatan. Namun, Azis menyayangkan tindakan kepolisian itu.

    Menurut Azis, banyak tahanan yang terpapar covid-19. Mengembalikan ke tahanan dinilai bisa kembali membuat Gus Nur terpapar virus mematikan tersebut.

    "Masuk rumah sakit (RS) Minggu, 15 November 2020 dan keluar RS Polri pada Rabu, 18 November 2020. Tapi malah dikembalikan ke Rutan Mabes Polri, di sana banyak positif covid-19," katanya.

    Baca: Anak Gus Nur Dipanggil Penyidik Polri

    Gus Nur ditetapkan sebagai tersangka terkait ujaran kebencian pada Nahdlatul Ulama (NU). Dia ditangkap pada Sabtu, 24 Oktober 2020, lantaran dianggap telah menyebarkan informasi yang menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan yang bermuatan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) serta penghinaan.

    Dia menyebut NU ugal-ugalan dalam dialog di YouTube. Dia mengatakan kepada polisi ucapan itu sebagai rasa kepedulian karena NU telah berubah. Gus Nur dilaporkan ke Bareskrim Polri pada Rabu, 21 Oktober 2020. Laporan itu terdaftar dengan nomor LP/B/0596/X/2020/Bareskrim.

    Gus Nur disangkakan dengan Pasal 45A ayat 2 juncto Pasal 28 ayat (2) dan/atau Pasal 45 ayat (3) juncto Pasal 27 ayat (3) Undang-Undang Nomor (UU) 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan atau Pasal 156 KUHP dan atau Pasal 310, Pasal 311, dan Pasal 207 KUHP.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id