Dua Petugas Lapas Tangerang Tersangka Pelarian Cai Changpan

    Siti Yona Hukmana - 06 Oktober 2020 13:15 WIB
    Dua Petugas Lapas Tangerang Tersangka Pelarian Cai Changpan
    Narapidana Tiongkok yang kabur dari Lapas Kelas 1 Tangerang, Cai Changpan/Dokumentasi Polda Metro Jaya
    Jakarta: Sebanyak dua petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pelarian narapidana asal Tiongkok Cai Changpan alias Cai Ji Fan. Mereka ialah Wakil Komandan Regu berinisial S dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kesehatan berinisial ES.

    "Fakta yang kita temukan yang bersangkutan ada indikasi kelalaian membantu tersangka atau Cai Changpan ini melarikan diri dengan menyediakan alat pompa air," kata Kabie Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa, 6 Oktober 2020. 

    Yusri mengatakan terpidana kasus narkoba Cai Changpan memesan alat penggali dan pompa air itu kepada kedua petugas tersebut. Kedua tersangka juga menyimpan seluruh alat-alat yang digunakan bandar narkoba itu untuk menggali lubang di ubin kamar sel selama delapan bulan. 

    Baca: 2 Sipir Bakal Jadi Tersangka Kaburnya Cai Changpan

    Yusri menyebut kedua petugas lapas dikenakan Pasal 426 KUHP tentang Memberikan Pertolongan kepada Tahanan. Mereka terancam hukuman penjara empat tahun. 

    Terpidana hukuman mati itu kabur dari Lapas Kelas 1 Tangerang pada Senin malam, 14 September 2020. Cai Changpan melarikan diri dengan melubangi kamar tahanan sampai gorong-gorong di belakang lapas.
     
    Lubang sepanjang 30 meter itu dibuat selama delapan bulan. Cai sebelumnya disebut menggali lubang menggunakan alat dari lokasi pembangunan dapur di lapas. 

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id