Polemik TWK KPK, Ombudsman Bakal Panggil Menpan-RB

    Fachri Audhia Hafiez - 10 Juni 2021 20:28 WIB
    Polemik TWK KPK, Ombudsman Bakal Panggil Menpan-RB
    Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron menyambangi Ombudsman RI. Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez



    Jakarta: Ombudsman RI berencana memanggil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo. Pemanggilan itu terkait laporan dugaan malaadminitrasi peralihan status pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

    "Tetap akan mengundang nanti adalah Menpan RB sendiri atau paling tidak deputi," kata anggota Ombudsman RI, Robert Na Endi Jaweng, di Kantor Ombudsman RI, Jakarta Selatan, Kamis, 10 Juni 2021.

     



    Menurut Jaweng, Kemenpan RB sejatinya telah memberikan keterangan terkait polemik peralihan status pegawai Komisi Antirasuah. Namun, keterangan Tjahjo dinilai tetap dibutuhkan supaya memperoleh penjelasan tentang kepegawaian secara tuntas.

    "Kemarin yang hadir adalah sekretaris deputi. Penjelasan teknis bisa kita peroleh tapi tidak penjelasan kebijakannya," ujar Jaweng.

    Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana juga berencana dipanggil. Sebelumnya, pihak BKN juga sudah dilakukan pemanggilan.

    "Waktu itu (BKN) juga membawa serta beberapa asesornya dan kebetulan asesor yang diajak itu adalah asesor dari BNPT (Badan Nasional penanggulangan terorisme)," ucap Jaweng.

    Baca: KPK Ogah Disebut Mangkir Panggilan Komnas HAM

    BKN bekerja sama dengan kementerian atau lembaga lain terkait dengan pelaksanaan asesmen peralihan pegawai KPK dalam tes wawasan kebangsaan (TWK). Salah satunya adalah BNPT.

    Sebanyak 75 pegawai KPK yang diwakili Direktur Pembinaan Jaringan Antar-Komisi dan Instansi nonaktif, Sujanarko, melaporkan lima pimpinan KPK ke Ombudsman. Pelapor merupakan pegawai yang tak lolos TWK.

    Ombudsman belum menyimpulkan laporan tersebut. Pihaknya masih memproses pihak-pihak terkait untuk dimintai klarifikasi. Termasuk klarifikasi dari KPK.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id