Jaksa Agung Instruksikan Persidangan via Video Conference

    Antara - 24 Maret 2020 23:54 WIB
    Jaksa Agung Instruksikan Persidangan via <i>Video Conference</i>
    Ilustrasi Kejaksaan Agung. Foto: Dokumentasi Media Indonesia
    Jakarta: Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin memerintahkan jajarannya memanfaatkan teknologi konferensi video dalam pelaksanaan sidang di pengadilan selama masa darurat virus korona (covid-19). Ia pun menantang kepala kejaksaan tinggi (Kajati) se-Indonesia menerapkan pola tersebut.

    "Saya tantang para Kajati se-Indonesia agar mulai hari ini bisa berkoordinasi dengan jajaran pengadilan dan lapas (lembaga pemasyarakatan) di daerah. Bagaimana caranya dapat melaksanakan sidang dengan menggunakan video conference," kata Burhanuddin di Jakarta, Selasa, 24 Maret 2020.

    Burhanuddin mengakui pandemi covid-19 berimbas pada agenda sidang perkara pidana di Indonesia. Sebab, banyak jaksa dan hakim memutuskan menunda sidang.

    Burhanuddin menyatakan masalah dapat terjadi ketika masa penahanan terdakwa telah habis. Dengan begitu, terdakwa terpaksa harus dibebaskan dari tahanan.

    Baca: Jaksa Diminta Ikut Mengawal Anggaran Penanganan Korona

    Sidang melalui konferensi video diyakini solusi bagi penegakan hukum di lembaga peradilan selama wabah korona. Burhanuddin meminta Kejaksaan Tinggi yang berhasil mengimplementasikan sidang melalui konferensi video segera melapor agar dapat dijadikan percontohan untuk Kejati di daerah lain.

    "Bagi kejati yang sudah berhasil menggelar sidang melalui video conference agar segera membuat laporan ke saya untuk kemudian dapat diterapkan se-Indonesia," kata dia.

    Instruksi ini disampaikan dalam konferensi video Burhanuddin bersama jajaran Kejati se-Indonesia. Dalam kesempatan itu, Burhanuddin juga menerima laporan dari para Kajati tentang kondisi dan situasi para pegawai di wilayah, serta kondisi daerah masing-masing di tengah penyebaran virus korona.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id