comscore

Kepala BNN: Penyalahguna Narkoba Berulang Harus Dipidana

Antara - 06 April 2022 21:50 WIB
Kepala BNN: Penyalahguna Narkoba Berulang Harus Dipidana
Ilustrasi/Medcom.id
Jakarta: Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Petrus Reinhard Golose menegaskan bahwa para penyalahguna narkotika lebih dari dua kali harus diproses hukum pidana. Pengguna narkoba tetap seorang pelaku meskipun merupakan victimless crime atau kejahatan yang korbannya diri sendiri. 

"Kalau revisi Undang-Undang (UU) Narkotika kita semangatnya adalah merehabilitasi para penyalahguna narkotika, itu hanya maksimal dua kali. Kalau dia melakukan berulang, ya tetap harus dipidanakan,” kata Golose kepada wartawan di Auditorium Yusufronodipuro RRI Jakarta, Rabu, 6 April 2022.
Golose menilai para pelaku perlu menjalani proses hukum ketika menggunakan narkotika berulang kali. Meski para pelaku itu telah melewati rehabilitasi sebanyak dua kali.

"Ini harus diatur agar tidak dijadikan modus dengan klaim ‘Saya adalah pengguna, saya harus direhabilitasi’. Kalau pengguna berulang-ulang, itu harus kita pidanakan," tegas jenderal bintang tiga itu.

Baca: Revisi UU Narkotika Jadi Solusi Kelebihan Kapasitas Penjara

Pemerintah bersama Komisi III DPR mulai melakukan rapat kerja untuk pembahasan revisi Undang-Undang (UU) Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Revisi dilakukan untuk mengakomodasi jenis narkotika baru dan mengatasi kelebihan kapasitas penjara di Indonesia. 

Berdasarkan data Institute for Criminal Justice Reform (ICJR), lebih dari 60 persen penghuni lembaga pemasyarakatan berasal dari tindak pidana narkotika. Sehingga revisi UU Narkotika menjadi salah satu agenda. 

Revisi bertujuan agar mengganti kurungan penjara menjadi pemberian rehabilitasi kepada pelaku yang menyalahgunakan narkotika. Terkait itu, Kepala BNN menegaskan para pembentuk undang-undang harus mengatur agar revisi UU Narkotika tidak menjadi modus operandi baru untuk para penyalahguna.

(LDS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id