comscore

Masalah Etik Lili Pintauli Disorot AS, KPK: Sudah Disanksi

Candra Yuri Nuralam - 17 April 2022 14:35 WIB
Masalah Etik Lili Pintauli Disorot AS, KPK: Sudah Disanksi
Pelaksana tugas (Plt) juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri. Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan pelanggaran etik Komisioner Lili Pintauli Siregar sudah tutup buku. Lili sudah mendapatkan hukuman dari Dewan Pengawas (Dewas) KPK karena berkomunikasi dengan mantan Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial.

"Atas pelanggaran etik yang sebelumnya terjadi, sanksinya telah dilaksanakan sebagaimana putusan Dewas," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Minggu, 17 April 2022.
Ali mengatakan putusan Dewas untuk Lili sudah sesuai dengan aturan yang berlaku. Lili cuma bisa dihukum oleh Dewas KPK karena ulahnya itu.

"Dewas KPK tentu telah menjalankan tugasnya sesuai mekanisme dan pertimbangan profesionalnya sebagai penegak kode etik bagi insan KPK," tutur Ali.

Laporan Hak Asasi Manusia (HAM) 2021 Amerika Serikat (AS) menyoroti pelanggaran etik Lili Pintauli Siregar. Sorotan itu terkait komunikasi Lili dengan M Syahrial yang sudah divonis Dewas KPK.

Baca: Etik Lili Pintauli Disorot, KPK: Amerika Memang Begitu

Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango merespons sikap AS yang usil mengurusi negara lain. "AS sih memang begitu, sukanya mengurusi negara orang lain yang di negerinya sendiri luput diurusi," kata Nawawi melalui keterangan tertulis, Minggu, 17 April 2022.
 
Nawawi menilai AS harusnya fokus dengan permasalahan negaranya sendiri. Dia tidak mau berkomentar lebih jauh terkait laporan HAM AS itu, terlebih soal Lili.

(AZF)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id