1.350 Personel Dikerahkan Jaga Demo di KPK

    Siti Yona Hukmana - 27 September 2021 09:54 WIB
    1.350 Personel Dikerahkan Jaga Demo di KPK
    Polisi berjaga di Gedung KPK, Jakarta, jelang demo BEM SI, Senin, 27 September 2021. Foto: Medcom.id/Candra Yuri Nuralam



    Jakarta: Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) seluruh Indonesia bakal menggelar demonstrasi Gerakan Selamatkan Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) di Gedung Merah Putih. Sebanyak 1.350 personel dikerahkan mengamankan unjuk rasa itu.

    "Sebanyak 1.200 anggota kita kerahkan ke lokasi," kata Kapolsek Metro Setiabudi Kompol Beddy Suwendi saat dikonfirmasi, Senin, 27 September 2021.

     



    Ribuan personel itu gabungan TNI-Polri dan Satpol PP. Mereka akan mengamankan unjuk rasa di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Setiabudi, Jakarta Selatan.

    Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menyebut pihaknya juga menerjunkan personel membantu mengamankan demo. Sebanyak 150 personel disebar ke sejumlah titik.

    Sambodo menyebut tak ada penutupan jalan di Gedung KPK. Demonstran bakal long march dari gedung KPK lama di Jalan Rasuna Said ke gedung KPK baru melewati jalan dalam pinggir kali. Konvoi tidak mengganggu pengguna jalan raya.

    "Kan ada dua, KPK lama sama KPK baru, nanti mereka drop in di KPK lama jalan kaki ke KPK baru. Jadi Jalan Rasuna Said tetap dibuka, yang ditutup hanya di depan KPK baru saja jalan di dalam," jelas Sambodo.

    Unjuk rasa menindaklanjuti ultimatum terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait pengangkatan 57 pegawai KPK yang berintegritas. Ultimatum telah melewati batas waktu, yakni 3x24 jam itu belum ada respons dari Kepala Negara.

    "Terlihat tidak ada jawaban dari Presiden Jokowi untuk menunjukkan keberpihakannya kepada 57 Pegawai KPK yang berintegritas, KPK tidak lagi menjadi lembaga negara yang memberantas korupsi, kini berubah menjadi Komisi Perlindungan Korupsi," kata Koordinator Media BEM SI 2021, Muhammad Rais, dalam keterangan tertulis, Selasa, 27 September 2021.

    Unjuk rasa rencananya dimulai sekitar pukul 14.00 WIB, Senin, 27 September 2021. Belum diketahui pasti jumlah massa yang bakal memadati Gedung Merah Putih.

    Baca: KPK Tidak Bisa Diintervensi Terkait Pemecatan 57 Pegawai
     

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id